Aktifitas KST Hambat Distribusi Bansos Untuk Warga Papua, Satgas Mobile Raider 300/BJW Berikan Bantuan Paket Nasi Bungkus Untuk Warga Kelaparan

suaracianjur.com
Agustus 04, 2023 | 20:54 WIB Last Updated 2023-08-21T06:16:29Z
Photo saat Anggota Satgas Mobile Raider 300/BJW Kodam III/Siliwangi menyuapi anak-anak


SUARA CIANJUR | PAPUA - Pos Sinak Kout Satgas Mobile Raider 300/ BJW Kodam III/Siliwangi beri bantuan makanan berupa Paket Nasi Bungkus kepada Korban kelaparan dari Distrik Ndugume dan Distrik Lambewi yang masih bertahan di Bandara Sinak.

Hal tersebut yang disampaikan oleh Dansatgas Mobile Raider 300/BJW Kodam III/Siliwangi pada Release tertulisnya di Ilaga, Kabupaten Puncak. Jum'at, (4/8/2023).

Danpos Sinak Kout, Kapten Inf. Andy Yusuf menjelaskan:

" Bahwa dengan jarak yang jauh masyarakat dari Distrik Agandugume dan Lambewi terutama ibu-ibu dan anak-anak melangkahkan kaki untuk mendapatkan bantuan logistik. Mereka berjalan kaki menyusuri hutan dan perkampungan dengan jarak sekitar 7 Km dan dengan waktu tempuh sekitar 1-2 hari. Setelah sampai mereka juga harus rela tidur di gudang PT.Modern dengan bekal makanan seadanya yaitu ubi. Tentunya hal ini merupakan suatu bentuk perjuangan yang luar biasa dari masyarakat untuk bisa bertahan hidup. Mereka menunggu di Bandara Sinak untuk mendapatkan Bantuan logistik," jelasnya

Dansatgas Mobile Raider 300/BJW Kodam III/Siliwangi. Letkol. Inf. Afri Swandi Ritonga, S.I.P. menjelaskan:

" Sebenarnya di Distrik Agandugume juga terdapat bandara, namun karena aktifitas dan ancaman KST membuat pihak penerbangan takut untuk langsung mendistribusikan bansos ke tempat tersebut akibatnya masyarakat yang menderita, apabila terjadi musibah seperti ini. Mohon maaf, kami dari Satgas hanya bisa membantu berupa nasi bungkus siap langsung dimakan yang kami masak sendiri di Pos, itupun dengan alakadarnya," papar Dansatgas Mobile Raider 300/BJW.

Lanjutnya; " Melihat situasi ini, Satgas Mobile Raider 300/BJW Kodam III/Siliwangi terutama Pos Sinak Kout sangat tersentuh. Mereka merasa terpanggil untuk bisa membantu masyarakat yang sedang kesusahan. Dengan bahan yang ada, Pos Sinak Kout membuat paket nasi yang berisi nasi dan mie sebanyak 500 bungkus. Diwaktu yang sangat tepat nasi bungkus itupun dibagikan ke masyarakat," bebernya
Photo Anggota Mobile Raider 300/BJW sedang membagikan paket nasi bungkus

Mereka sangat antusias menerima bantuan makanan, apalagi anak-anak sampai berebut untuk mendapatkan nasi bungkus tersebut.

 "Kami sangat senang dan berterimakasih dengan bantuan bapak-bapak TNI yang sudah menyisihkan sebagian rejekinya utk membantu kami...kinaonak," ujar Malabur Murib, seorang guru dan juga tokoh masyarakat di Distrik Agandugume.

" Sekian lama menunggu akhirnya harapan dari masyarakat Distrik Agandugume dan Lambewi Kabupaten Puncak Provinsi Papua Tengah tercapai sudah. Bantuan kemanusiaan dari berbagai instansi baik pemerintahan ataupun swasta silih berganti berdatangan, diantaranya bantuan logistik dari Panglima TNI, Kemensos RI, PT. Freeport. Bantuan logistik tersebut berupa beras, makanan siap saji, roti, pakaian utk dewasa maupun anak-anak dan ada juga tenda lapangan. Penderitaan yang mereka alami selama ini sejenak terasa terobati dengan adanya bantuan tersebut," urai Dansatgas Mobile Raider 300/BJW.

" Dengan adanya bantuan kemanusiaan dari berbagai pihak ini, Dansatgas berharap,  masyarakat khususnya di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi Kab. Puncak dapat hidup lebih baik kedepannya," jelas Dansatgas

" Selain Pengamanan Distribusi Bantuan Logistik dari ancaman KST, Satgas Mobile Raider 300/BJW masih membantu menyiapkan Nasi bungkus untuk masyarakat di sinak. Hal ini sebagai wujud rasa kemanusiaan yang tinggi meskipun dihadapkan dengan bahan makanan sangat susah didapat," tegas Dansatgas.

" Satgas Mobile Raider 300/BJW Kodam III/Siliwangi berkomitmen akan selalu membantu masyarakat Papua Khususnya di Kabupaten Puncak, hal ini tidak lepas dari Jiwa-jiwa Prajurit Siliwangi yang selalu di pedomani dan tidak lepas dari Komitmen Bapak Pangdam III Siliwangi,  Mayjen. TNI. Kunto Arief Wibowo, S.I.P. yang selalu mengingatkan Satgas Mobile Raider 300/BJW agar selalu berbuat baik dan menjadi solusi untuk permasalahan masyarakat disekitarnya sesuai dengan kemampuannya." Pungkas Dansatgas Mobile Raider 300/BJW Kodam III/Siliwangi.

 (Indrayama)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Aktifitas KST Hambat Distribusi Bansos Untuk Warga Papua, Satgas Mobile Raider 300/BJW Berikan Bantuan Paket Nasi Bungkus Untuk Warga Kelaparan

Trending Now

Iklan