Usai Kegiatan HUT. RI. Ke- 78, Masyarakat Desa Cinawala Kecewa Dengan Sikap Kades Padajaya Dan Ketua Karangtaruna Desa

suaracianjur.com
Agustus 18, 2023 | 17:33 WIB Last Updated 2023-08-21T05:47:01Z
SUARA CIANJUR | CIKALONGKULON - Usai pelaksanaan rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 terselip rasa kekecewaan masyarakat Kp. Cinawala Desa Padajaya Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur, terutama Warga Masyarakat ke erwe-an 03. Kepada Kades Padajaya.

Pasalnya sejak digelar rangkaian kegiatan menyambut HUT.RI. Ke- 78 oleh Pemuda/Pemudi Karangtaruna bersama warga masyarakat ke erwe-an 03, dari tanggal 16 hingga puncaknya tanggal 17 tidak ada perhatian dari orang nomor satu di Desa Padajaya, padahal undangan kegiatan sudah dilayangkan oleh Panitia kegiatan melalui aplikasi perpesanan WhatsApp. 

Dan yang paling membuat kecewa masyarakat dan pemuda/i Karangtaruna ke erwean 03 adalah ketidak hadiran Ketua Karangtaruna tingkat desa di moment peringatan hari besar nasional yang digelar di ke er-wean 03, tersebut.

Kekecewaan itu terungkap berdasarkan keterangan dari Ketua Karangtaruna RW. 03 (Agus Supriadi).

" Sebagai warga negara yang menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang memerdeka kan negeri ini, tentu sebagai generasi penerus Bangsa wajib melanjutkan cita-cita nya, mengisi kemerdekaan ini dengan karya dan ide-ide positif yang sifatnya membangun, salah satunya rangkaian kegiatan yang telah kami selenggarakan ini," ujar Agus.

Lanjut Agus; " Rangkaian kegiatan disambut antusias oleh semua elemen masyarakat dan karang taruna ke-erwean 03, namun terselip kekecewaan, karena Kades kami dan Ketua Karangtaruna Desa tidak menghadiri dari awal kegiatan sampai puncak rangkaian acara, hingga acara ini selesai mereka tidak hadir," beber Agus.

Kembali Ketua Karangtaruna ke-erwean 03, Agus Supriadi, melanjutkan penuturan nya:

" Padahal di acara ini kami tidak akan meminta sumbangan atau apapun, yang kami harapkan adalah kehadiran nya, support nya, dengan kehadiran pemimpin nya masyarakat akan merasa dihargai atas kerja keras dan upaya nya dalam menghadapi persiapan helaran ini." Tandas Agus.

Terakhir, Agus Supriadi, mengucapkan terimakasih kepada para pihak yang telah mensupport hingga terealisasinya kegiatan tersebut:

" Terimakasih kepada para Sponsor yang sudah memberikan apresiasi serta partisipasinya, hingga pelaksanaan ini terealisasi, terimakasih kami yang tak terhingga kepada, Babinsa, Babinkamtibmas, Ocha Weeding, Lumbas Rizki, SDN Cinawala, MI Miftahul Anwar, Paud Hafizah, Karangtaruna Rawa, serta semua elemen Masyarakat." Pungkasnya.

Hal luar biasa sudah dilaksanakan Karangtaruna ke er-wean 03 serta Karangtaruna Rawa bersama masyarakat setempat, yang sudah menyelenggarakan rangkaian kegiatan HUT. RI. Ke- 78, dengan biaya swadaya masyarakat ditambah sponsor, yang jumlahnya lumayan pantastis.

Menanggapi hal itu Ketua Karangtaruna Kabupaten Cianjur (Mudrikah, S.Ag) memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Karangtaruna ke er- wean 03 dan Karangtaruna Rawa.

" Secara keseluruhan kepada teman-teman karangtaruna disemua tingkatan dari kecamatan hingga tingkat ke- ertean, saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan banyak terimakasih, karena teman-teman Karangtaruna disemua tingkatan memiliki inovasi, kreatifitas tanpa diminta hampir di semua tingkatan, terutama ditingkat ke- erwean dan erte," tutur Mudrikah.

Lanjut Mudrikah; " Bahkan teman- teman di tingkat ke- erwean/erte menjadi garda terdepan dalam mensukseskan kegiatan menyambut HUT. RI. Ke- 78 tahun ini, seperti kemarin teman-teman Karangtaruna ke- erwean 03 Desa Padajaya Cikalongkulon, perayaan nya sangat meriah luar biasa sekali, kalau menurut saya amazing banget luar biasa sekali, ini akan menjadi barometer dan spirit untuk rekan yang lain," urai Mudrikah.

" Selain mampu menyelenggarakan kegiatan, kedepan nya kami berharap rekan-rekan bisa ikut mensukseskan program pemerintah dan mampu mengurai setiap permasalahan sosial kemasyarakatan ditengah-tengah masyarakat kita yang majemuk ini, karena dalam berorganisasi kita masih banyak PR. seperti penertiban regulasi, penertiban sisi administrasi," jelasnya.

" Perlu diketahui karangtaruna merupakan bagian LKD didalam nya ada unit dan sub unit, hingga tingkat ke er-wean dan ke- ertean, terutama para pembina di tingkat desa bagian dari LKD. rangkul mereka, sinergikan mereka, ajak duduk bersama untuk merumuskan setiap permasalahan," tegasnya.

" Bonus Demography Bangsa kita sedang mengalami kemajuan, dimana usia produktif lebih banyak dari non produktif, artinya ketika usia produktif ini diberi ruang, kepercayaan, bahkan kalau di pasilitasi sesuai amanat LKD dan Permendagri no 18, perlu di pasilitasi, diberdayakan dan di dayagunakan, saya pikir peran karangtaruna sangat luar biasa," urainya.

" Dengan Partisipasi Karangtaruna dalam program desa, mungkin saja yang tadinya desa tertinggal menjadi desa maju, kemudian dalam sisi administrasi kita, bagi pengurus tingkat desa yang belum di SK kan segera adakan temu warga, jika sudah ada salah satu terpilih dan segera bentuk kepengurusan nya, kemudian SK kan ditingkat Kecamatan, karena kecamatan mengeluarkan SK pengesahan, setelah SK dari kecamatan beres beritahu Kades berikut SK pengukuhan nya, terakhir jaga etika kita, karena kita merupakan mitra pemerintah." Pungkas Ketua Karangtaruna Kabupaten Cianjur, Mudrikah, S.Ag.

(Ark)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Usai Kegiatan HUT. RI. Ke- 78, Masyarakat Desa Cinawala Kecewa Dengan Sikap Kades Padajaya Dan Ketua Karangtaruna Desa

Trending Now

Iklan