Kegiatan Fashion Show Dan Pertunjukan Kesenian Festival Nanggalamekar hari ke-4

suaracianjur.com
September 08, 2023 | 19:04 WIB Last Updated 2023-09-08T12:12:55Z
Foto: Dok. SC. Kepala Desa Nanggalamekar, Hilman, S.Kom. saat diwawancarai awak media di lokasi festival Nanggalamekar

SUARA CIANJUR | CIRANJANG - Kegiatan hari jadi Festival Desa Nanggalamekar Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur yang ke -41 tahun 2023 di lapang Nanggalamekar Pasir muncang dihari ke-4. Jum'at, (8/9/2023).

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan (Asep Miftahul Falah) kepada awak media menuturkan:

" Agenda kegiatan Fashion Show dan pertunjukan kesenian Kuda lumping Nanggalamekar. Saya sebagai ketua pelaksana kegiatan Nanggala Festival II 2023 untuk pelaksanaan kita ada Lima hari, lima malam, pertama ada kegiatan musabaqoh tilawatil Qur'an tingkat desa," bebernya.

Lanjut Ketua Panitia; " Kemudian ada perlombaan seni budaya, ada tari-tarian, ada olah vocal, ada Fashion show, lomba ka ulinan barudak, dan nanti dipuncak acara akan ada kegiatan wayang golek. semuanya dari festival nanggala I sekarang udah Festival Nanggala II," urainya. 

" Saya sebagai ketua pelaksananya.Tadi kebetulan pak Bupati Cianjur H.Herman Suherman berkenan hadir di Nanggalamekar untuk membuka secara resmi perhelatan Festival Nanggala II untuk kegiatan ini di khususkan lomba Fashion Show dan nanti malam ada kegiatan pertunjukan kesenian Kuda lumping." Pungkas Ketua Panitia Kegiatan.

Hal yang sama disampaikan Kepala Desa Nanggalamekar (Hilman, S. Kom) kepada pewarta mengungkapkan:

" Hari ini adalah simbolis pembukaan dalam rangkaian Festival Nanggala tahun 2023. Kedatangan Bupati Cianjur H.Herman Suherman di undang hari ini, dalam rangka pembukaan simbolis," paparnya.

" Kedatangan Bupati di acara menambah semangat dan motivasi bagi kami, tujuannya untuk menghidupkan kembali budaya yang ada di Jawa Barat khususnya di Nanggalamekar supaya anak-anak kita tidak lupa dengan budayanya sendiri, kemudian juga kaulinan masyarakat yang sudah menghilang kaulinan yang sudah tergerus oleh zaman, di festival ini kami mencoba menghidupkan kembali," ungkapnya.

" Potensi yang ada didaerah Nanggalamekar semuanya ditampilkan di acara Festival Nanggalamekar seperti Calung, kuda Lumping, gendang penca, kuda renggong seni jaipongan," tandasnya.

Kembali Kades melanjutkan Penuturan nya terkait Festival Nanggalamekar yang menjadi kebanggan Desa Nanggalamekar dan Masyarakatnya:

" Ide lahirnya Festival Nanggalamekar dikarena dengan Zaman sudah Modern, anak-anak sekarang sudah banyak yang lupa akan permainan tradisional, mereka terfokus oleh Gadget, Handphone gimana caranya anak-anak ini bisa mencintai kembali seni budaya yang ada di Nanggalamekar dan di tatar Sunda." Pungkasnya. 

Ucapan apresiasi dan dukungan pun datang dari Sekretaris DPD Sundawani Kab.Cianjur (Rizal Kancil) yang juga didampingi ketua DPC Sundawani Ciranjang Rahmat Taufiq

" Kami mengucapkan apresiasi dan dukungan, sehingga acara ini bermanfaat untuk masyarakat, dan Sundawani yang dimana acara Festival II ini lebih meningkat serta lebih baik dari Festival sebelumnya, kami Sundawani akan terus mengikuti acara sampai Puncaknya malam minggu dengan helaran Wayang Golek." Tutup nya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua PAC ARWT Kec. Ciranjang (Usep Rosadi) terkait Festival Nanggalamekar kepada media angkat bicara:
" Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas antusias masyarakat di acara Festival Desa Nanggalamekar, juga kepada Pemerintahan Desa Nanggalamekar yang sudah mampu melaksanakan kegiatan Festival dan alhamdulillah bisa berjalan dengan Lancar sekaligus juga ucapan terimakasih kepada Bapak Bupati Cianjur Yang mendukung penuh acara Festival Desa Nanggalamekar mudah-mudahan harapan kedepannya Desa Nanggalamekar Lebih maju lagi dengan kegiatan-kegiatan nya yang Positif." Tutup nya.

Tak ketinggalan apresiasi datang dari warga dengan acara festival tahunan ini (Sobari) warga setempat ikut angkat bicara terkait Helaran tersebut:

" Alhamdulillah dengan adanya kegiatan Seperti ini bisa bermanfaat untuk para pedagang, juga sebagai hiburan dan harapan kedepannya bisa lebih meriah dengan banyaknya ragam acara serta kegiatannya." Kata Sobari.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Desa Nanggalamekar (Ridwan) mengatakan:

" Dari awal penataan, pembersihan area lingkungan penataan para pedagang, termasuk juga pengisian acara di setiap acara Festival, alhamdulillah kami selalu mengikuti dan berkontribusi, sebagai program rutinitas karangtaruna Desa Nanggalamekar. dan  alhamdulillah kami sangat antusias sekali," Jelasnya.

" Dan semua elemen juga masyarakat merasa kagum dengan kedatangan Bupati karena di Kecamatan Ciranjang ini hanya di Desa Nanggalamekar yang ada Festival seperti ini. dan harapannya kedepan semoga bisa lebih merasakan Manfaatnya untuk semua elemen." Pungkasnya.

Produk-produk Unggulan UMKM pun ditampilkan dan dipromosikan di acara helaran Festival Desa Nanggalamekar, ujar Neng Indra Nurcahya Ningrat, Ketua Fasilitator UMKM Kec. Ciranjang;

" Alhamdulillah, untuk kecamatan Ciranjang yang kemarin BMC (Business Manjur Competition) ikut lomba BMC itu 45 orang, yang lolos 24 orang alhamdulillah dari perwakilan Ciranjang Juga ada juara ke dua, khusus atas nama bu nuni Pancaniti keramik Pas Bunga," bebernya.

" Dan untuk hari ini produk yang ditampilkan yaitu kacang ijo Krispi dari gunung sari, buatan dapur Ibu Eli, sama Tik tuk, Snack, Mie, ladu sari manis dan kerajinan tangan." Tandasnya.

" Kami juga Butuh Support dan dukungan untuk pemasaran dan Promosi dari Kecamatan dan Desa agar di promosikan Produk UMKM yang ada di Kecamatan Ciranjang. OPD nya digerakkan untuk belanja di UMKM Ciranjang, harapan kedepannya mudah-mudahan UMKM Ciranjang tetap solid kompak dan sukses selalu, tidak terlepas untuk bapak Bupati pun terimakasih atas penghargaannya kepada UMKM Kec.Ciranjang yang kemarin menang Award juga." Tambah Neng Indra

(Niko)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kegiatan Fashion Show Dan Pertunjukan Kesenian Festival Nanggalamekar hari ke-4

Trending Now

Iklan