Jebol teralis Besi 7 Narapidana Kabur

suaracianjur.com
Maret 25, 2024 | 20:45 WIB Last Updated 2024-03-25T13:48:32Z
Foto: Dok. SC. Ilustrasi tahanan

SUARA CIANJUR | CIANJUR - Sebanyak tujuh narapidana kabur saat tengah mengikuti persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Cianjur. 

Berdasarkan rekaman video yang beredar di media sosial, terlihat sejumlah anggota kepolisian dan pegawai di PN Cianjur tengah melakukan olah tempat kejadian peristiwa (TKP).  

Kabid Humas Polda Jabar Kombes. Pol. Jules A. Abast membenarkan ihwal informasi tersebut. 

Menurutnya, peristiwa itu terjadi saat para tahanan tengah melakukan persidangan. 

"Saat sidang dakwaan," ujar Jules saat dihubungi, Senin (25/3).  Kasus ini, lanjutnya, sedang ditangani oleh Polres Cianjur dan PN Cianjur.

Meski kasus terjadi di lingkungan PN, kepolisian tetap memberikan bantuan dan berkoordinasi untuk mencari para tahanan tersebut.  

Terkait apakah para terdakwa masuk daftar pencarian orang (DPO), Jules memastikan itu belum dilakukan. Sebabnya, ada aturan khusus ketika seseorang masuk dalam daftar DPO.

"Belum jadi DPO. Kami masih mencari, diburulah," ucapnya. 

Terpisah, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Barat Kusnali pun turut membenarkan informasi tersebut Dari informasi yang diterimanya, para tahanan ini kabur setelah menjebol sel atau terali besi yang ada di Pengadilan Negeri Cianjur.  

"Dari informasi yang didapatkan seperti itu," ujar Kusnali. 

Meski demikian, pihak Lapas Cianjur tidak bertanggungjawab atas kaburnya pada tahanan ini. Sebab para tahanan tersebut merupakan titipan dan masuk kategori A3.  Artinya, ketika mereka masuk atau keluar Lapas harus ada surat dari pihak berwenang baik kepolisian atau kejaksanaan.  

Setelah tahanan berada di luar Lapas itu merupakan tanggung jawab mereka, bukan pihak lapas. 

"Jadi tahanan itu titipan. Nanti kami akan menerima lagi kalau memang sudah ditangkap dan akan ada serah terimanya. Mereka harus masuk lagi ke lapas dengan jumlah yang sama, lengkap, dalam keadaan sehat, dan aman," tandasnya. 

(Ark)
Sumber: Jpnn
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jebol teralis Besi 7 Narapidana Kabur

Trending Now

Iklan