Tidak Sini dan Tidak Pula Sana

SUARA CIANJUR
Agustus 01, 2017 | 00:37 WIB Last Updated 2020-09-05T20:42:08Z


TIDAK SINI DAN TIDAK PULA SANA

Jika anda ketemu seseorang yang punya usaha dan menjadi bagian dari komunitas/jaringan usaha muslim, seringkali mereka memiliki atau bergabung dengan banyak komunitas bisnis muslim lainnya.

Dan jika anda bertanya lebih dalam pada dirinya, dari sekian komunitas itu mana yang anda ikuti dengan loyal ? Jawaban yang seringkali kita terima yakni TIDAK SATU PUN atau dengan kata lain “TIDAK SINI DAN TIDAK PULA SANA”

Maka anda bisa bayangkan jika mayoritas anggota yang berada didalam komunitas/jaringan muslim tersebut memiliki karakter sebagaimana diatas, kira2 apa yang akan terjadi pada komunitas/ jaringan usaha muslim tersebut ?
Sudah bisa dipastikan komunitas/ jaringan usaha itu tak akan mampu berkembangan dengan baik, terlebih lagi mampu bertarung …….

Bergabung pada Komunitas A HANYA ingin mendapatkan kucuran modal hibahnya, bergabung pada komunitas/ jaringan B HANYA hanya ingin mencari peluang agar prodak kita bisa laku, bergabung pada komunitas C hanya ingin bisa dekat dengan orang terkenal dan berkantong tebal semata dan lain-lain …..

Dari komunitas/jaringan usaha yang diikuti tak satu pun dirinya ikut andil dalam membangun sistem Komunitas/jaringan usaha yang sedang membutuhkan dukungan kita …….

Akhirnya Komunitas/jaringan usaha muslim hanya sekedar “GEROMBOLAN” yang tak mampu memberikan arah perubahan pada umat

Nashrullah Jumadi
Penulis buku “5 Langkah Mudah Membentuk & Mengoptimalkan Baitul Maal Masjid” dan Founder Jaringan Usaha Umat (JUU)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tidak Sini dan Tidak Pula Sana

Trending Now

Iklan