Khusyuk Beribadah di Sejuknya Masjid Bandara

SUARA CIANJUR
Agustus 09, 2017 | 02:03 WIB Last Updated 2020-09-05T20:37:02Z

Di antara sekian banyak bangunan di Bandara Internasional Amir Mohammed Bin Abdulazis, ada satu bangunan yang cukup menarik perhatian. Bangunan itu adalah Masjid Bandara. Ya, masjid tanpa nama ini memang biasa disebut masjid saja atau Masjid Bandara oleh warga yang biasa beraktivitas di Bandara Madinah.

Masjid ini memang tampak mencolok. Berdiri kokoh di depan bangunan utama bandara, seolah sebagai penyambut pertama para pelawat yang pergi dan pulang lewat bandara ini. Keluar dari pintu terminal haji, jamaah pasti akan langsung disambut masjid ini.

Menara berlubang berbentuk daun kurma tegak menjulang menantang langit. Masjid Bandara ini berukuran sekitar 50 x 50 meter persegi. Cukup lapang dan memadai untuk menampung jamaah yang berniat beribadah di sini.

Sebuah kolam kecil berbentuk bintang dengan air mancur yang terdapat di depan pintu utama menjadi pemanis masjid ini. Di sekeliling masjid terdapat tempat duduk yang dinaungi atap berbentuk pohon kurma.

Tiang-tiang atap ini sekaligus menjadi pembatas masjid dengan area di sekitarnya. Jika saja bukan musim panas, pasti akan nyaman menikmati suasana masjid sambil duduk-duduk di bangku besi tersebut.

Tempat wudhunya bersih, dilengkapi dengan pendingin udara. Kontras dengan suhu di luar yang mencapai 48 derajat Celcius, suhu di tempat wudhu ini mencapai 23 derajat Celcius. Tempat wudhu dan toilet di sini sangat bersih dan nyaman.

Minimal terdapat satu petugas yang selalu mengontrol kebersihan tempat ini. Tempat wudhu dan ruang shalat antara jamaah pria dan perempuan berada di tempat terpisah.

Berjalan memasuki masjid, kita akan disambut udara dingin begitu melewati pintu utama. Di kanan kiri terdapat rak besar tempat menyimpan alas kaki.

Empat tiang berbentuk kotak berdiri kokoh menopang bangunan masjid. Karpet tebal dan lembut siap memanjakan jamaah saat menunaikan shalat. Lampu-lampu kristal bergantung di plafon

Pengaturan suhu udara di ruangan shalat di masjid ini sangat canggih. Jamaah dipastikan akan betah beribadah. 

Udara dingin yang dipasok dari AC yang dibenamkan di tiap kolong rak-rak penyimpanan Alquran mampu menyejukkan seluruh ruangan. Bagian dalam masjid didominasi interior khas Timur Tengah.

Tiap waktu shalat tiba, masjid ini dipadati para pekerja atau pegawai bandara. Sesekali juga tampak para penumpang yang mampir dan shalat di sini. Waktu buka masjid ini dibatasi, tak terbuka selama 24 jam. Masjid akan ditutup pada pukul 22.30 WAS hingga pukul 03.45 WAS.

Masjid ini dibangun sekitar dua tahun lalu, bersamaan dengan renovasi bandara, ujar salah seorang jamaah yang mengaku bernama Abdullah.

Warga Saudi yang bertugas sebagai staf Wukala (lembaga yang mengurus jamaah haji di Madinah) ini menyebutkan, keberadaan Masjid Bandara sungguh penting. Kita bersyukur dengan dibangunnya masjid, kata pria yang pernah berkunjung ke Indonesia itu.

Keberadaan Masjid Bandara seolah menegaskan pentingnya menjaga keseimbangan dalam menjalani hidup, antara urusan dunia dan akhirat. Bangunan utama bandara sebagai pusat aktivitas keduniawian, dan masjid inilah tempat mengais bekal menuju keabadian. Masjid ini layaknya oase di tengah Sahara.

Ihram

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Khusyuk Beribadah di Sejuknya Masjid Bandara

Trending Now

Iklan