Begini Cara LVRI Kecamatan Cibeber Peringati HUT RI Ke-76

suaracianjur.com
Agustus 18, 2021 | 01:52 WIB Last Updated 2021-08-17T18:52:59Z
 

SUARA CIANJUR ■ Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang kini memasuki usia 76 memiliki kesan tersendiri bagi para pejuang kemerdekaan atau lebih dikenal dengan sebutan Veteran, salah satunya para veteran di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, pada Selasa (17/8/2021).

Veteran sisa-sisa pejuang kemerdekaan di Kecamatan Cibeber saat ini tergabung dalam organisasi LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia).

Ketua LVRI Kecamatan Cibeber Ki Apit (97) mengaku, peringatan HUT RI ke 76 ini menjadi ajang ia dan rekan-rekannya mengenang kembali masa perjuangan melawan penjajah.

"Kemerdekaan ini tentunya sebagai ajang mengenang bagaimana saya dan rekan-rekan yang lainnya berjuang mengusir penjajah agar Indonesia dapat merdeka,"kata Apit saat ditemui.

Pria yang hampir memasuki usia satu abad ini mengatakan, Negara Indonesia saat ini belum sepenuhnya merdeka karena kesejahteraan hanya dapat dinikmati kalangan tertentu.

"Jadi dapat di katakan merdeka sepenuhnya itu kalau rakyat kecil sudah menikmati kesejahteraan," ungkapnya.

Meski diusianya yang sudah tidak muda lagi, Ki Apit masih terlihat bersemangat dan menitipkan pesan kepada generasi muda di hari kemerdekaan RI ke 72 ini diisi dengan hal-hal yang berguna untuk bangsa dan negara.

"Ini menjadi PR (Pekerjaan rumah:red) untuk para pemuda dan pemudi untuk meneruskan kemerdekaan yang telah pahlawan perjuangan untuk bangsa ini," paparnya.

Ki apit pun bersyukur, saat ini para veteran cukup baik diperhatikan pemerintah dengan memberikan rutin uang tunjangan setiap bulannya.

"Dapat uang tunjangan setiap bulannya, ada yang di ambilnya ke kantor pos ada juga yang ke Bank," jelasnya.

Tercatat saat ini dari beberapa anggota veteran yang tergabung di LVRI Kecamatan Cibeber. Hanya tersisa beberapa orang saja dikarenakan banyak yang sudah memasuki usia lanjut kemudian meninggal.

"Sekitar 25 tahun yang lalu anggota kami mencapai 60 orang yang tersebar di berbagai Desa di Kecamatan Cibeber, sekarang hanya tersisa 11 orang saja, itupun banyak yang sudah sakit-sakitan dan jarang berkumpul atau melakukan kegiatan seperti kami di LVRI," paparnya.

Sementara itu, Camat Cibeber Ali Akbar menuturkan, pemerintah kecamatan bersama pihak-pihak lainya ingin memberikan perhatian lebih kepada para veteran di Kecamatan Cibeber yang dahulu berjuang untuk kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

"Seusai pelaksanaan upacara HUT RI, Muspika bersama dengan ormas FKPPI melaksanakan silaturahmi ke beberapa rumah veteran sekaligus memberikan bingkisan," tandasnya (R-02).

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Begini Cara LVRI Kecamatan Cibeber Peringati HUT RI Ke-76

Trending Now

Iklan