Ekowisata Pasir Sumbul Ciloto Cipanas Menjawab Minat Warga Metropolitan Yang Ingin Merasakan Tinggal Di Hutan

suaracianjur.com
Agustus 23, 2023 | 00:21 WIB Last Updated 2023-08-24T16:30:38Z
Foto: Dok. SC. Nampak warga lokal sedang membangun pasilitas lahan parkir

SUARA CIANJUR | CIPANAS - Konsep ini dibahas kembali oleh sebuah organisasi yang bernama The Ecotourism Society pada tahun 1990an. Menurut organisasi tersebut, ekowisata adalah bentuk wisata ke area alami dengan tujuan melestarikan lingkungan hidup dan kesejahteraan penduduk setempat.

Pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif semakin menguat pasca pandemi meski belum mencapai level pra pandemi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada triwulan I 2023 secara kumulatif mencapai 2,5 juta kunjungan atau naik 508,87% dibandingkan periode sama tahun 2022. 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pun memprediksi kunjungan wisman hingga akhir tahun ini bisa menembus kurang lebih sebanyak 9 juta kunjungan. Selasa, (22/8/2023).

Untuk pemulihan sektor wisata lokal, khususnya di daerah Cipanas, Cianjur Jawa Barat. PT. Bumi Wisata Edelweis bersama Koperasi Puncak Jaya Purnama sebagai Mitra kerjanya, kembali menawarkan konsep Ekowisata yang sempat populer di tahun 1990an. 

Menurut Ketua Koperasi Puncak Jaya Purnama KPPJP (Nandang) yang akrab di sapa Obeng ditemani rekan kerjanya (Iim) menuturkan:

" Program ekowisata ini berada di area Pasir Sumbul Desa Ciloto Kecamatan Cipanas, untuk tahap pertama, kita sedang melaksanakan pembangunan area parkir serta gudang pengadaan material bahan bangunan," ujar Obeng.

Foto: Dok. SC. Sesi wawancara dengan Ketua KPPJP Nandang alias Obeng 

Lanjut Obeng; " Ini baru tahap awal, nanti kalau area parkir dan gudang sudah ada, baru kita merambah ketahap berikutnya," ucapnya.

Kemudian saat ditanya Media tentang keterkaitan Koperasi KPPJP dengan PT. BWE dalam program Ekowisata ini seperti apa, kembali Nandang alias Obeng melanjutkan penuturan nya:

" Kami adalah mitra kerjanya PT. BWE. kebetulan sebagian anggota koperasi kita ini para penggiat lingkungan hidup, sehingga ada kesamaan persepsi diantara kami, maka di program ekowisata ini, kami jadi mitra kerja PT. BWE." Urainya.

Dalam pelaksanaan tahapan pembangunan ekowisata, kami selalu mengutamakan keasrian lingkungan, terutama tidak mengganggu atau mengekploitasi habitat ekosistem alam ini secara berlebihan, justru di program ekowisata ini kita melestarikan ekosistem yang sudah ada sebagai nilai tambah diprogram ini.

" Karena yang kami manfa'atkan itu udara yang berada dipuncak, terus panorama keasrian alam nya, itu yang menjadi daya jual kita kepada calon wisatawan, adapun pembangunan hunian ekowisata tidak lantas menebang pohon yang ada, justru daya jual kita itu menseleraraskan alam dengan manusia, yang ingin merasakan gimana rasanya tinggal didalam hutan, terutama mereka yang menetap di daerah perkotaan," papar Obeng di hamini Iim rekan kerja nya.

" Program ekowisata ini selain menumbuhkan kembali daerah puncak sebagai daerah tujuan wisata, juga memberikan peluang bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan usaha nya, karena program ekowisata ini bertujuan melestarikan lingkungan hidup dan kesejahteraan penduduk setempat." Pungkas Nandang alias Obeng.

(Indrayama)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ekowisata Pasir Sumbul Ciloto Cipanas Menjawab Minat Warga Metropolitan Yang Ingin Merasakan Tinggal Di Hutan

Trending Now

Iklan