Junta Nigeria Lakukan Kudeta, Ancam Akan Serang Negara Anggota ECOWAS

suaracianjur.com
Agustus 05, 2023 | 22:58 WIB Last Updated 2023-08-21T06:14:13Z
Junta militer Nigeria mengumumkan penggulingan Presiden Bazoum, dan Jenderal Abdourahamane Tchiani menyatakan bahwa dirinya saat ini menjabat sebagai kepala pemerintahan transisi.


SUARA CIANJUR | SENEGAL - Militer Nigeria yang baru-baru ini melakukan kudeta mengancam akan menyerang negara anggota Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS) jika blok Afrika Barat itu melakukan intervensi militer ke negaranya.

Juru bicara Dewan Nasional untuk Perlindungan Negara, Amadou Abdramane, membuat pernyataan tersebut saat membacakan deklarasi di televisi negara yang mengumumkan penarikan duta besar negara di Paris, Abuja, Lome dan Washington, dua hari lalu.

"Setiap agresi atau upaya agresi terhadap Negara Nigeria akan mendapat tanggapan segera dan tanpa pemberitahuan dari Pasukan Pertahanan dan Keamanan Nigeria kepada salah satu anggota (blok)," kata dia.

Pernyataan ancaman ini datang dengan "pengecualian negara-negara sahabat yang ditangguhkan," tambah dia, bermaksud menyebut Guinea, Mali, dan Burkina Faso.

Nigeria adalah ketua ECOWAS saat ini dan telah bersumpah akan memberikan tanggapan tegas terhadap kudeta di Nigeria.

Menyerukan masyarakat untuk berhati-hati dengan tentara dan agen negara asing, Abdramane mendesak masyarakat Nigeria untuk memberi tahu pejabat tentang tindakan yang mencurigakan.

Semua kerjasama dan protokol militer telah diakhiri dengan Prancis, kata pernyataan dari junta.

Pada Rabu (2/8/2023), AS memerintahkan evakuasi semua pegawai pemerintah non-darurat dari kedutaannya di Nigeria di tengah kekhawatiran akan meningkatnya konflik. Negara-negara Eropa, termasuk Prancis pun telah mengevakuasi warganya.

Pada 26 Juli, Presiden Mohamed Bazoum ditahan oleh anggota Pengawal Presiden, dan malam itu, militer mengumumkan bahwa mereka telah merebut kekuasaan.

Jenderal Abdourahamane Tchiani, komandan pengawal presiden Nigeria, menyatakan dirinya sebagai kepala pemerintahan transisi dua hari setelah menggulingkan Bazoum.

ECOWAS mengeluarkan tenggat waktu satu minggu kepada junta Nigeria pada Minggu untuk mengembalikan kekuasaan kepada presiden terpilih dan membebaskan Bazoum, yang terpilih secara demokratis pada 2021.

Blok Afrika Barat telah mengancam akan menggunakan kekuatan, dan para kepala pertahanannya telah bertemu di Nigeria untuk membahas hal ini.

(Red)
Sumber: Serambinews
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Junta Nigeria Lakukan Kudeta, Ancam Akan Serang Negara Anggota ECOWAS

Trending Now

Iklan