Rencana Penanaman Pisang Varitas Carvendish Dapat Dukungan Masyarakat Purwakarta Dan Cianjur

suaracianjur.com
Agustus 08, 2023 | 21:37 WIB Last Updated 2023-08-21T06:07:32Z
Foto: Doc. SC. Benih pohon pisang varitas Carvendish


SUARA CIANJUR | PURWAKARTA - Rencana penanaman pisang 
varitas carvendish mendapat dukungan dari masyarakat Kp. Cimangu Desa Pasir Jambu Kecamatan Maniis Kabupaten Purwakarta dan Masyarakat Kamurang- Cianjur.

Pasalnya rencana penanaman pisang varitas carvendish masuk ke wilayah dua Kabupaten, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Purwakarta, nantinya dilahan seluas 112 hektar akan di tanami pisang varitas carvendish oleh PT. International Grand Permai Development sebagai pemegang HGU, tentu saja program ini tidak mengabaikan sisi ekologi, malah sebaliknya program ini membantu pemerintah dalam rehabilitasi kawasan hutan pemanfa'atan, juga sejalan dengan Program Kementerian pertanian dalam pemenuhan ketahanan pangan. Selasa, (8/8/2023).

Pisang carvendish merupakan buah pisang yang menjadi primadona ekspor, kulit buahnya kuning mulus saat matang, tekstur daging nya yang lembut dan berisi, rasanya sedikit asam, di minati oleh pasar timur tengah dan negara asia.

Rencana penanaman pisang ini disambut dengan baik oleh masyarakat di dua kabupaten tersebut, kedepan nya akan banyak menyerap tenaga kerja, selaras dengan program Pemerintah Republik Indonesia dalam program penyediaan lapangan pekerjaan.

Selain menyerap banyak tenaga kerja, program ini juga membantu Pemerintah dalam pemenuhan swasembada pangan nasional sumber protein nabati.

Hal tersebut terungkap saat awak media Suaracianjur.com mewawancarai Manager Operasional (Prapto). Menurut dia, pisang varitas carvendish memiliki nilai ekonomi tinggi, dan di terima pasar lokal maupun internasional;

" Pisang varitas carvendish merupakan jenis pisang primadona, jenis pisang ini di minati pasar timur tengah, eropa, asia dan amerika, terutama pasar timur tengah dan tiongkok," beber Prapto.

Lanjut Prapto; " Rencana penanaman pisang ini selaras dengan program pemerintah dalam pemenuhan pangan sumber nabati untuk pemenuhan pangan di dalam negeri," urai Prapto.

Kemudian saat disinggung media, apa manfa'at untuk penduduk sekitar terkait rencana penanaman pisang secara besar-besaran ini, kembali Prapto melanjutkan penjelasan nya:

" Rencana penanaman pohon pisang varitas carvendish diatas lahan HGU seluas 112 hektar jika ini terealisasi sepenuhnya, tentu akan banyak menyerap tenaga kerja di dua kabupaten, Purwakarta dan Cianjur, tentu hal ini akan membantu masyarakat lokal yang saat ini sangat membutuhkan lapangan pekerjaan," paparnya.

Lanjut Prapto; " Mengingat itu semua masyarakat Desa Pasir Jambu- Purwakarta sangat antusias dan mendukung sepenuhnya program ini agar secepatnya terealisasi, terbukti dalam musyawarah dihadiri Karang taruna, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemerintahan Desa setempat." Pungkas Manajer Operasional. PT. International Grand Permai Development. Prapto.

(Red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rencana Penanaman Pisang Varitas Carvendish Dapat Dukungan Masyarakat Purwakarta Dan Cianjur

Trending Now

Iklan