Warga Kecamatan Haurwangi Geruduk PT. QL Agro Food Menuntut Perbaikan Pengelolaan Limbah

suaracianjur.com
Agustus 07, 2023 | 16:27 WIB Last Updated 2023-08-21T06:11:04Z
SUARA CIANJUR | HAURWANGI - Warga masyarakat Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur Geruduk PT.QL Agroo Food Area Tol Citarum, Saat berita ini di naikan masyarakat masih bertahan didepan kawasan pabrik PT. QL.

Melalui menanggung jawab aksi Ketua KSPI (Asep Malik) menjelaskan tuntutan warga terhadap PT. QL. Diantaranya menuntut transparansi (CSR) Corporate Social Responsibility. Senin, (7/8/2023).

Unjuk rasa di hadiri sekitar 500 orang dari berbagai unsur organisasi kemasyarakatan, mereka tetap bertahan di tempat tersebut, sambil menunggu instruksi selanjutnya dari penanggung jawab aksi yang sedang bernegosiasi dengan pihak management perusahaan didampingi Pemerintah Desa Haurwangi.

Kepada Suaracianjur.com Penanggung jawab aksi Ketua KSPI Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (Asep Malik) menjelaskan:

" Betul hari ini ada giat unjuk rasa ditujukan kepada PT.QL, yang ikut dalam aksi ini dari berbagai elemen, ada dari Ormas, OKP, LSM dan dari organisasi serikat buruh," tutur nya.

Kemudian saat disinggung Media apa yang mendorong terjadinya aksi demo ini, dan apa tuntutannya, kembali Asep Malik melanjutkan penjelasanya:

" Yang mendorong aksi ini ialah warga disekitar ingin adanya keterbukaan pihak owner dan management terkait dana Corporate Sosial Responsibility," ujar Asep Malik.

Media selanjutnya menanyakan apa saja tuntutan warga dalam aksi tersebut, kembali Asep Malik melanjutkan penjelasan nya:

" Warga menuntut agar rekrutmen karyawan pabrik mengutamakan warga sekitar, hilangkan diskriminasi terhadap karyawan pabrik, pengelolaan limbah harus profesional agar tidak berdampak pada warga sekitar dan transparansi terkait dana CSR Corporate Sosial Responsibility." Urai Asep Malik.

Selanjutnya media mempertanyakan apa tanggapan Owner dan management pengelola PT.QL terhadap tuntutan Warga ini, Asep Malik kembali menjelaskan:

" Untuk menjawab tuntutan dari Warga Kecamatan Haurwangi, mereka meminta waktu 14 hari kerja, kita ikuti keinginan mereka, kemudian warga kami himbau untuk membubarkan diri, dan menunggu jawaban mereka sesuai yang mereka janjikan." Pungkas Asep Malik.

Terpisah, Kades Haurwangi (Dede Supyanudin) yang akrab disapa Dede Endu, terkait tuntutan warganya ke PT.QL. Menuturkan

" Untuk tuntutan yang lain dalam hal ini Pemerintah Desa Haurwangi hanya memfasilitasi saja, terkait  semua yang kita terima sudah kami penetrasikan untuk pembangunan pasilitas yang dibutuhkan warga, untuk tuntutan lainnya seperti diskriminasi karyawan dan lain-lain kami mendukungnya." Pungkas Kades Haurwangi.

(Arkam/Asdon/Niko)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Kecamatan Haurwangi Geruduk PT. QL Agro Food Menuntut Perbaikan Pengelolaan Limbah

Trending Now

Iklan