Libur Natal: Rekayasa Lalulintas Jalur Bopuncur Diterapkan

suaracianjur.com
Desember 25, 2023 | 22:00 WIB Last Updated 2023-12-25T17:01:17Z
Foto: Dok. SC. Ipda. Wikatmoko sa'at diwawancarai awak media

SUARA CIANJUR | CIPANAS - Perayaan Natal serta jelang tahun baru 2024 terpantau awak media arus lalulintas jalur Cipanas-Puncak terlihat padat merayap. Petugas terapkan rekayasa lalulintas di jalur Bopuncur, Bogor Puncak Cianjur.

Hal tersebut dikarenakan meningkatnya volume kendaraan baik R4 maupun R2 di jalur Cianjur-Puncak, kepadatan kendaraan didominasi mobil berplat B yang datang dari arah Bogor menuju Puncak Cianjur.

Daerah Puncak-Cianjur dari tahun ke tahun menjadi daerah tujuan wisata, yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, jauh-jauh hari mereka sudah memesan villa dan hotel untuk menghabiskan malam tahun baru di Puncak. Senin, (25/12/2023).

Hal yang sama disampaikan Komandan pos pengamanan Natal dan Tahun Baru Cipanas Ipda. Wikatmoko Padal Pospam 2 Ciplas Operasi Lilin 2023.

"Sekarang sedang berlangsung penyapuan arus dari arah Bogor ke cianjur mau dihabiskan, buntut antrian kendaraan masih di sekitar ciloto," ujarnya.

"Nanti' kalau arus dari arah bogor ke cianjur sudah habis, baru arus lalulintas dari cianjur ke arah bogor di satu jalur kan, kemudian kendaraan yang tertinggal oleh tim penyapuan akan diarahkan ke jalur alternatif sampai nanti arus dari arah cianjur ke bogor habis," tambah Ipda. Wikatmoko.

Lanjut Ipda Wikatmoko; "Perkiraan pembukaan satu jalur sekitar setengah jam lagi," imbuhnya.
Foto: Dok. SC. Nampak jalur puncak cianjur padat lalulintas

Antisipasi kemacetan yang dialihkan ke jalur alternatif detailnya seperti apa, tanya media.

"Untuk antisipasi kemacetan kendaraan dari arah bogor ke cianjur yang tertinggal oleh tim penyapuan arus akan disimpan dulu dilahan tempat parkir atau dialihkan ke jalur alternatif sampai nanti dibuka kembali jadi 2 jalur," jawabnya.

Ia juga mengatakan' perkiraan buntut kemacetan satu jam lagi terurai, kalau buntut kemacetan udah lewat, baru arah ke Bogor dimajukan kembali.

Kemudian awak media kembali bertanya, untuk pengguna jalan dalam keadaan macet seperti ini solusi apa, atau tindakan apa yang akan dilakukan petugas untuk mengurai kemacetan.

"Saran saya untuk yang ke arah bogor agar bersabar, bila perlu cari kantong parkir, istirahat, nanti kalau arusnya sudah dibuka In Saa Allah yang ke arah Bogor akan lancar." Pungkasnya.

(Indrayama)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Libur Natal: Rekayasa Lalulintas Jalur Bopuncur Diterapkan

Trending Now

Iklan