Papua: Sambut Natal Penuh Sukacita, Pangkogabwilhan III Bagikan Bansos

suaracianjur.com
Desember 25, 2023 | 02:31 WIB Last Updated 2023-12-24T19:41:40Z
Foto: Dok. SC. Secara simbolis bantuan diterima perwakilan warga masyarakat

SUARA CIANJUR | PAPUA - Pangkogabwilhan. Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III, Letjen. TNI. Richard Taruli Horja Tampubolon , melalui Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi membagikan bantuan sosial.

Pembagian Bansos bertempat di Gereja Yerusalem Kepala Air Eromaga Distrik Omukia Kabupaten Puncak, Papua, kegiatan sosial tersebut merupakan bentuk ucapan Selamat Natal dari Letjen. TNI. Richard Taruli Horja Tampubolon melalui Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya yang bertugas di Papua.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga, S.I.P dalam rilis tertulisnya di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Minggu,(24/12//2023).

Hadir dalam kegiatan baksos di Gereja Yerusalem; Pendeta Gereja Yerusalem Dorus Murib, Kepala Kampung Eromaga Robi Kogoya, Marinus Waker gembala, Pendeta Yundinus, Gulius gembala, Pendeta Didimus, Mama Rika Wanimbo kerkawan gereja, Agustina Magai istri pendeta, Bopina Murib istri pendeta dan 300 orang masyarakat Desa Eromaga serta Desa Aminggaru, Ilaga Barat, Kabupaten Puncak.

Dalam rilis tertulisnya, Dansatgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Letkol. Inf. Afri Swandi Ritonga, S.I.P mengungkapkan:

"Bantuan sosial ini merupakan wujud kepedulian dan kasih sayang TNI kepada masyarakat Papua, khususnya di wilayah Kepala Air, Ilaga Papua," ungkap Dansatgas. 

Ia juga mengapresiasi partisipasi kehadiran masyarakat datang dalam kegiatan tersebut dan menunjukkan rasa persaudaraan serta kebersamaan antara TNI dan Rakyat.

"Kami' TNI/Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi mengucapkan Selamat Natal kepada saudara-saudara sekalian," ujar Dansatgas dihadapan Warga Eromaga. 

"Kami berharap Natal ini membawa damai dan sukacita bagi kita semua," imbuhnya.

Lanjut Dansatgas; "Kami juga sangat berterimakasih atas sambutan serta kerjasama yang baik dari masyarakat di wilayah ini," ujar Dansatgas.

"Kami merasa senang dan terhormat bisa berbakti dan berbagi dengan saudara-saudara," jelasnya.

Dansatgas juga menjelaskan Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya merupakan satuan yang baru memasuki wilayah Kepala Air. 

"Wilayah ini sebelumnya belum pernah dimasuki oleh aparat keamanan karena merupakan wilayah yang dikuasai oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)," beber Dansatgas.
Foto: Dok. SC. Dalam photo nampak terjalin ikatan emosional kedekatan TNI dan Masyarakat setempat

Ia mengatakan' masuknya TNI/Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya ke wilayah ini adalah hasil dari upaya (Binter) Bimbingan Teritorial yang dilakukan oleh TNI untuk mendekati dan menjalin komunikasi dengan masyarakat.

"Kami datang ke sini bukan untuk mencari musuh atau mengganggu saudara-saudara, tetapi untuk membantu dan melindungi saudara-saudara dari ancaman KKB yang selama ini meresahkan dan menghambat pembangunan di Papua," tegas Dansatgas.

Lebih lanjut Dansatgas memaparkan; "Kami ingin bersama-sama dengan saudara-saudara membangun Papua yang lebih maju, sejahtera, dan damai. Kami berharap saudara-saudara percaya dan mendukung TNI/Polri, serta Pemda yang selalu berusaha untuk melayani dan memenuhi kebutuhan saudara-saudara," papar Dansatgas.

Dansatgas juga menegaskan bahwa TNI akan terus berusaha menjalin hubungan baik dengan masyarakat, meskipun ada gangguan dari KKB. Ia menghimbau masyarakat untuk tidak terprovokasi atau terlibat dengan KKB, tetapi melaporkan segala bentuk kegiatan yang mencurigakan kepada TNI/Polri. 

Ia juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban, dan persatuan di Papua.

"Kami tidak akan mundur atau takut dengan KKB. Kami akan terus berjuang untuk memberantas KKB dan membela NKRI. Kami juga tidak akan tinggalkan saudara-saudara," tegas Dansatgas.

Masih Kata Dansatgas' Kami akan selalu ada di sini untuk saudara-saudara. Kami mengajak saudara-saudara untuk bersatu dan bersama-sama dengan TNI/Polri serta Pemda dalam membangun Papua yang lebih baik. 

"Mari kita jaga Papua sebagai tanah damai dan tanah berkat," ajak Dansatgas kepada Masyarakat.

Masih dilokasi yang sama, Masyarakat yang hadir dalam kegiatan baksos menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangkogabwilhan III dan Satgas Pamtas Mobile 300/Brajawijaya atas bantuan dan perhatian yang diberikan. 

Mereka juga mengapresiasi keberanian dan kesungguhan TNI dalam masuk ke wilayah Kepala Air yang selama ini dikenal sebagai basis KKB. Mereka (warga-red) berharap TNI dapat terus berada di wilayah ini dan memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami sangat senang dan bersyukur atas kehadiran TNI serta baksos dari Bapak Pangkogabwilhan III beserta Satgas 300 Siliwangi," ujar Pendeta Dorus Murib.

"Kami merasa terbantu dan terlindungi oleh TNI. Kami juga mengucapkan Selamat Natal kepada Bapak Pangkogabwilhan III serta Satgas TNI 300 Siliwangi," tambahnya.

Lanjutnya; "Semoga Tuhan memberkati dan melindungi Bapak-bapak semua," ucap Pendeta Dorus Murib. 

"Kami berharap Bapak-bapak tetap di sini dan tidak pergi dari kami," pinta Pendeta Dorus Murib, mewakili masyarakat Kampung Kepala Air.

(HN)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Papua: Sambut Natal Penuh Sukacita, Pangkogabwilhan III Bagikan Bansos

Trending Now

Iklan