Kelompok Tani Gede Lestari Desa Gekbrong, ubah kotoran hewan sapi Menjadi Biogas.

suaracianjur.com
Desember 27, 2023 | 17:43 WIB Last Updated 2023-12-27T10:47:42Z
Foto: Dok. SC. Pengecekan pengelolaan kotoran hewan menjadi sumber energi bio gas

SUARA CIANJUR | GEKBRONG - Pemanfaatan (Kohe) Kotoran hewan menjadi biogas mendapat dukungan dari PT.Tirta Investama Aqua Cianjur, dimana program Integrated Farming System yaitu sebuah konsep pertanian terintegrasi dengan memanfaatkan kotoran sapi menjadi biogas menjadi salah satu program yang diluncurkan Kelompok Tani Gede Lestari Desa Gekbrong.

Hal ini merupakan upaya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat yang sudah terbiasa menggunakan sumber energi gas yang bersumber dari gas alam, yang saat ini ketersediaan bahan bakunya semakin berkurang. Rabu, (27/12/2023).

Program ini menjadi langkah konkrit PT.Tirta Investama Aqua Cianjur dalam mendukung keberlanjutan lingkungan untuk menghasilkan energi bersih terbarukan dan ramah lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut juga turut hadir Kepala Dinas Pertanian Cianjur, BAPPERIDA Cianjur, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, Camat Gekbrong, Balai Penyuluh Pertanian Gekbrog serta Kepala desa Gekbrong.

Dalam Sambutannya Kepala Dinas Pertanian Cianjur Nurdiyati menyampaikan ucapan terima kasih dan dukungan terhadap program CSR dari PT. Tirta Investama Aqua Cianjur yang bermanfaat bagi Kelompok Tani.

Kepala Dinas Pertanian Nurdiyati secara simbolis meresmikan Instalasi Biogas milik Kelompok Tani (KT) Gede Lestari di Kp. Tabrik, Gekbrong yang merupakan program CSR Aqua Cainjur. 

"Untuk ukuran Biogas sendiri mempunyai kapasitas 17 M3 dan telah menyalurkan ke 5 titik nyala api," tutur Nurdiyati.

Sementara itu Manager CSR PT. Tirta Investama Aqua Danone Cianjur Usep Warsono, dalam sambutannya menyampaikan:

"Ini merupakan komitmen Aqua Cianjur dalam memberikan dampak baik bagi lingkungan sekitar," sambung Warsono.

Camat Gekbrong, Dewi Sartika pun menyampaikan terima kasih kepada pihak yang telah mendorong masyarakat, khususnya pertanian sehingga kedepan para petani lebih kreatif lagi.

"Terimakasih kepada pihak- pihak yang telah yang telah mendorong masyarakat tani kami untuk lebih maju, mudah- mudahan dengan dorongan serta support dari berbagai pihak, masyarakat tani kami semakin kreatif." Ujarnya.

Sementara dari Penerima Manfaat yaitu Uden Suherlan sekaligus Ketua Kelompok Tani Gede Lestari menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Tirta Investama Aqua Cianjur atas program-program yang telah diimplementasikan. 

"Terimakasih' Ini merupakan program yang sangat bagus dari PT. Tirta Investama Aqua Cianjur bagi kami." Jelas Uden.

Acara Peresmian Biogas ini semakin meriah ditambah penampilan dari Group Kesenian Angklung yaitu Ki Sumi Angklung kesenian lokal dari Desa Gekbrong. 

Selain acara peresmian biogas, pada kesempatan tersebut juga diisi dengan acara prosesi pengemasan pupuk produksi kelompok dan pemupukan tanaman.

Dalam kesempatan yang baik tersebut juga turut dimeriahkan dengan kehadiran Lembaga Mitra CSR Aqua yaitu Karya Masyarakat Mandiri, Yayasan Konservasi Alam dan Lingkungan serta Negeri Ternak Indonesia. 

Melalui kegiatan peresmian yang menghadirkan dari berbagai elemen ini menjadi sarana kolaborasi antar pihak dan bersinergi dalam kebermanfaatan.

Dukungan berkelanjutan dari PT.Tirta Investama Aqua Cianjur telah menggagas Kelompok Tani yang lebih mandiri, meningkatkan kualitas produk pertanian, dan berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan. 

Dengan program ini, menjadi salah satu kado akhir tahun dari PT.Tirta Investama Aqua Cianjur kepada masyarakat Cianjur khususnya Masyarakat Desa Gekbrong Kecamatan Gekbrong.

(Erwin)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kelompok Tani Gede Lestari Desa Gekbrong, ubah kotoran hewan sapi Menjadi Biogas.

Trending Now

Iklan