Panwaslu Kecamatan Sukaresmi Minta PPK Tindaklanjuti Temuan Kotak Suara Rusak

suaracianjur.com
Februari 14, 2024 | 04:42 WIB Last Updated 2024-02-13T21:49:00Z
Foto: Dok. SC. Photo Kordiv P2HM Panwaslu Kecamatan Sukaresmi, Jalaludin, SP.

SUARA CIANJUR | SUKARESMI - Panwaslu Kecamatan Sukaresmi meminta PPK Panitia Pemilihan Kecamatan menindak lanjuti temuan pihaknya mengenai kotak suara yang rusak.

Hal tersebut disampaikan Panwaslu Kecamatan Sukaresmi melalui Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Jalaludin, S.P. sa'at menemukan kotak suara rusak di gudang logistik pemilu PPK Sukaresmi. Selasa, (13/2/2024).

"Hasil pengawasan kami kemarin ada kotak logistik yang memang mengalami kerusakan, sobek tapi masih dalam kategori rusak ringan," ujar Jalaludin pada (12/2/2024)

"Setelah itu kita bikinkan laporan nya, kita tembuskan juga berkoordinasi dengan Bawaslu kabupaten cianjur, setelah sebelumnya kita berkoordinasi dengan PPK untuk menindak lanjuti kotak yang rusak tersebut," sambungnya.

Ia juga mengatakan, hasil koordinasi dengan Bawaslu, kita disarankan untuk meneliti dan melihat kerusakan tersebut, kemudian kita memberikan surat rekomendasi perbaikan kepada PPK.

"Jadi PPK diberikan surat rekomendasi untuk melakukan perbaikan terhadap kotak yang rusak," imbuhnya.

Lanjut Jalaludin; "Setelah itu pun PPK langsung sigap bersama anggotanya, termasuk bersama desa yang kotaknya rusak yaitu desa Kubang sama desa Cibadak, waktu itu PPK langsung berkoordinasi dengan kami, dengan Kapolsek, danposmil, dengan Babinsa, Babinmas langsung pada waktu itu juga diperbaiki dengan memasang solatip yang kuat dibagian yang rusak," urainya.

Sambung Jalaludin, Kemarin PPK koordinasi dengan KPU, dan KPU pun koordinasi dengan Bawaslu, arahan dari KPU pun kalau rusaknya rusak ringan, silahkan bisa diperbaiki dilapangan biar tidak mengganggu distribusi logistik ke desa-desa karena waktunya sangat mepet.

"Makanya kemarin setelah kita berunding disaksikan Kapolsek, danposmil dan stakeholder yang ada, baik PPK, Panwascam, PKD dan PPS itu kita sudah eksekusi sudah diperbaiki kotaknya, maksudnya oleh PPK," ungkap Jalaludin.

Masih Kata Jalaludin, kalau nanti masyarakat mempertanyakan kenapa ini bisa rusak, paling tidak PPS menjelaskan prosesnya seperti apa, aturan nya seperti apa termasuk apa yang sudah dilakukan PPK dan Panwas termasuk PKD untuk menindak lanjuti kotak yang rusak tersebut.

"Jadi nanti PPS dan KPPS harus bisa menjelaskan kenapa ini rusak, karena rusaknya tanpa sepengetahuan kita, entah itu di mobil entah itu mungkin karena gesekan dan lain sebagainya," jelas Jalaludin.

Terakhir Jalaludin menyinggung terkait penertiban APK di jalan-jalan protokol di wilayah kecamatan sukaresmi.

"Saya pastikan kalau dijalan-jalan protokol APK berbentuk spanduk, banner dan lain nya 100% sudah bersih, tapi masih tersisa satu dua dipelosok-pelosok," pungkasnya.

(Indrayama)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Panwaslu Kecamatan Sukaresmi Minta PPK Tindaklanjuti Temuan Kotak Suara Rusak

Trending Now

Iklan