Festival Domba Sakub, Mengenal Ciri Khas Domba Pavorit

suaracianjur.com
Oktober 25, 2021 | 01:58 WIB Last Updated 2021-10-24T18:58:02Z

SUARA CIANJUR ■ Selama ini mungkin orang cenderung lebih mengenal domba garut, domba dorper, domda merino dan lainya, namun tahukah anda jika Kabupaten Brebes sebenarnya memiliki domba asli Brebes.

Adalah domba Sakub, domba sakub merupakan domba khas Brebes yang berkembang di sekitar lereng Gunung Slamet. Domba Sakub merupakan domba penghasil daging dengan bobot badan jantan mencapai 70-90 kilogram dan betina 40-60 kilogram.

Tak hanya itu, kotoran Domba Sakub juga bisa untuk pupuk organik, serta bulunya dijadikan kerajinan tangan. 

Populasi Domba Sakub di Brebes mencapai 16.484 ekor yang tersebar di Paguyangan, Sirampog, Bumiayu dan Tonjong.

Sementara untuk mengenalkan Domba Sakub, Pemkab Brebes menggaet peternak milenial, yakni dengan menggelar Festival Domba Sakub (FDS).

FDS diikuti 300 peserta dari 20 kelompok ternak domba di Kabupaten Brebes. Mereka merebut kejuaraan kategori Jantan Bertanduk, Jantan tidak Bertanduk, Bakalan Bertanduk, Bakalan tidak Bertanduk, Bibit, Dara atau Calon Bibit, Eksotik (MerinoTexel dan lain-lain, Ekstim dan Favorit).

Bahkan, festival ini juga mendapat perhatian Ketua Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putri Putri TNI Polri (FKPPI Jateng Hendar Prihardi dan Dekan Fakultas Peternakan UGM Prof I Gede Suparta Budisatria.

FDS yang digelar di Lapangan Desa Pandansari, Kaligua, Kecamatan Paguyangan Brebes itu, dibuka Bupati Brebes Idza Priyanti, pada Minggu (23/10).


Domba, kata Idza, merupakan ternak populer yang dibudidayakan di Kabupaten Brebes. Populasinyasi pada akhir 2020 mencapai 168.20 ekor. Populasi terendah berada di Kecamatan Songgom sebanyak 2.238 ekor dan tertinggi di Paguyangan sebanyak 18.935 ekor.

“Saya berharap, Domba di Kabupaten Brebes bisa berkembang untuk memenuhi kebutuhan daging yang bisa menciptakan ketahanan pangan. Juga untuk memenuhi kebutuhan kulit dan bulu Domba. Dan yang tak kalah penting, domba Brebes memiliki ciri khas tersendiri dengan nama Domba Sakub,” ujar Idza.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh Ismu Subtoto  menjelaskan, Festival ini akan digelar setiap tahun untuk menggali potensi ternak lokal agar bisa ditetapkan sebagai rumpun baru ternak unggul asli Kabupaten Brebes. 

Di samping itu untuk meningkatkan minat masyarakat beternak domba khususnya kaum milenial.

Festival juga dihadiri Dekan Fakultas Peternakan UGM Prof I Gede Suparta Budisatria, Wali Kota Semarang Hendrar Prihardi, Pengawas Bibit Ternak Madya dari Kementerian Pertanian Yude Maulana Yusuf,  Ketua Dekranasda Brebes AKBP Dr H Warsidin MH, para Kepala OPD dan pejabat lainnya. (Roni).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Festival Domba Sakub, Mengenal Ciri Khas Domba Pavorit

Trending Now

Iklan