Terus Digeber Pembangunan Agroeduwisata di Kaki Gunung Gede Pangrango

suaracianjur.com
Januari 18, 2023 | 18:52 WIB Last Updated 2023-01-18T11:54:27Z
SUARA CIANJUR | CIANJUR — Diatas lahan seluas 5000 meter kini tengah digeber pembangunan agroeduwisata di Desa Sindangjaya Kecamatan Cipanas. Proyek yang dibiayai Kementerian Pertanian itu diperkirakan satu bulan lagi selesai. Rabu, (18/01/2023) 


Ketua Poktan Agropolitan Nusantara, Mulyadi membenarkan jika awalnya bangunan tersebut merupakan areal lahan agrowisata. Namun kini terbantu karena adanya bantuan yang diterima dari Kementerian Pertanian tahun 2022.

"Jadi kita sebagai penerima manfaat ada 2 kelompok tani di Cipanas ini menargetkan satu bulan lagi selesai bangunan ini. Sehingga nantinya bisa dikelola dan menghasilkan tambahan penghasilan, " katanya 

Dia menambahkan jika areal bangunan itu nantinya menjadi agroeduwisata. Tujuannya sebagai percontohan untuk publik yang akan mempelajari langsung tentang seluk beluk pertanian atau agrobisnis sambil berwisata. 

"Perubahan yang paling mendasar itu kini ada 6 kamar untuk fasilitas peserta yang ikut pelatihan disini karena belajar pertanian sekaligus berwisata. Tentu manfaatnya sangat terbuka untuk siapa saja, " tukasnya. 

Sementara itu Kasi Pemerintahan Desa Sindangjaya Cipanas, Dikdik Sodikin mengatakan jika nantinya agroeduwisata itu akan dikelola Bumdes. Tentunya dengan pelibatan dari masyarakat setempat sehingga bisa menambah pendapatan. 

"Setelah selesai pembangunannya itu akan kita kelola juga melalui Bumdes. Konsepnya menitikberatkan kepada belajar tentang pertanian atau agrobisnis namun peserta juga sekaligus berwisata di kawasan kaki gunung gede pangrango ini, "  urainya. (Arkam)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Terus Digeber Pembangunan Agroeduwisata di Kaki Gunung Gede Pangrango

Trending Now

Iklan