Pemuda - Pemudi Patriot Desa Ciputri, Upayakan UMKM Naik Kelas Dengan Ciptakan Peluang Bisnis Online Dan Market Real

suaracianjur.com
Juni 14, 2023 | 15:37 WIB Last Updated 2023-06-14T08:40:02Z
Suaracianjur.com | Cianjur - Ciputri, Pemuda-Pemudi Gerakan Membangun Desa Ciptakan peluang bisnis online, selain market real untuk pemasaran produk pelaku UMKM Desa Ciputri Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur.

Tupoksi Pemuda-Pemudi Gerbang Desa ada 3 point, pertama pendampingan tentang lingkungan, penanganan sosial dan pemberdayaan ekonomi, terutama para pelaku UMKM lokal yang berbasis ekonomi kerakyatan, agar tercipta Desa yang berlingkungan bersih, tatanan sosial yang baik serta mandiri secara ekonomi. Rabu, (14/06/2023) 

Pemudi Gerbang Desa Ciputri (Almy) kepada awak media Suaracianjur.com. Membeberkan Program nya:

" Tupoksi kami ada tiga point, pertama tentang Lingkungan, Sosial dan pemberdayaan ekonomi, terkait lingkungan kami bekerja sama dengan instansi terkait, dengan program Kancingan Gerakan Cinta Lingkungan, salah satunya melaksanakan kegiatan membersihkan lingkungan, dengan membersihkan sampah diselokan dan menanamkan kesadaran untuk membuang sampah pada pada tempatnya, tentu saja tempat sampah nya sudah kami siapkan, berupa tong sampah bantuan dari pemerintah, karena jujur saja kami ini tidak diberikan anggaran untuk itu, makanya setiap program kerja selalu bekerja sama dengan dinas terkait. " Beber Almy.
Lanjut Almy kepada awak media; " Point kedua tentang sosial, dewasa ini anak-anak kita sudah sangat kecanduan dengan gadget (smart phone) atau gawai, memang ada manfaatnya, jika digunakan dengan bijak, tapi kalau berlebihan dikhawatirkan yang ada cuma dampak negatifnya aja, untuk itu kami membuat perpustakaan mini, untuk menumbuhkan kembali minat baca, bekerja sama dengan Ibu-ibu PKK dan Kader pos yandu, kami bersama-sama mendorong peningkatan literasi guna mencerdaskan generasi penerus bangsa ini. " Tuturnya.

Kembali, Almy melanjutkan penuturanya; " Untuk point ketiga terkait ekonomi, disini kami menggali setiap potensi yang tersedia di desa ini, dengan memberdayakan UMKM untuk lebih mengembangkan/ memasarkan produknya, alhamdulilah kami ada program Cendol (Cinta Entepreneur Dagang Online), selain membantu dari sisi pengemasan, mencarikan pasar, kami juga memberikan edukasi tentang pentingnya pembuatan ijin jenis usaha, alhamdulilah kami bantu pembuatan ijin usahanya, NIB nya PIRT nya dll, sehingga produk nya menjadi legal sesuai aturan, dan kedepanya produk UMKM Ciputri bisa bersaing dipasar bebas, serta di BMC nanti produk kami akan mengikuti lomba, dengan semangat yang sama yaitu, UMKM naik Kelas. " Pungkasnya.

Senada dengan Almy, Sekretaris Desa Ciputri (Deki Afrizal) menambahkan; " Sumber daya alam maupun sumber daya manusia Desa Ciputri itu luar biasa, tinggal bagaimana kita mengelola nya dengan benar, Alhamdulillah, sekarang ada Pemuda Patriot Gerbang Desa yang membantu kami, melalui pemberdayaan UMKM, isu Lingkungan dan Sosial, itu sangat luar biasa, terkait pemberdayaan UMKM disini ada produk, Akar alang- alang, akar alang-alang kering, Daun Stevia kering, Daun Mint kering, Gula aren cair, gula aren murni/batangan, dan gula semut aren. " Ujar Deki

Lanjut Deki; " Alhamdulillah di bantu Pemuda Patriot Desa, para pelaku UMKM terbantu dari sisi legalitas usaha, dan pemasarannya, sehingga produk UMKM kami bisa dikenali khalayak umum, kedepanya bisa bersaing dipasaran dengan produk-produk pabrikan, meski berskala UMKM produk nya di kelola secara profesional dan higienis. " Pungkas Deki. (Red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemuda - Pemudi Patriot Desa Ciputri, Upayakan UMKM Naik Kelas Dengan Ciptakan Peluang Bisnis Online Dan Market Real

Trending Now

Iklan