Pemuda Patriot Desa Tegallega, Pelopori Mitigasi Kebencanaan Dan Pemberdayaan UMKM

suaracianjur.com
Juni 14, 2023 | 17:58 WIB Last Updated 2023-06-14T10:59:52Z
Suaracianjur.com | Cianjur - Tegallega, Pemuda Patriot Desa Tegallega melalui program Gerakan Pengembangan Desa (Gerbang Desa) melaksanakan kegiatan Mitigasi kebencanaan yaitu Relawan Tangguh Bencana (Retana) aktualisasinya bekerja sama dengan Dinas terkait.

Selain Kegiatan Retana, Patriot Desa Tegallega, juga mempelopori bisnis digital/ online untuk para pelaku UMKM lokal sebagai sarana pemasaran produk, di samping mengaggasTBM Taman Baca Masyarakat di Kp. Padakati, pihaknya juga mengajak Masyakat Desa Tegallega untuk menjaga keasrian lingkungan. Rabu, (14/06/2023)

Sa'at di wawancarai awak media Suaracianjur.com, Pemuda Patriot Desa Tegallega (Darusalam Suhendrip) secara terperinci membeberkan:

" Tupoksi Kita meski beda tempat penugasan tetap sama, yaitu tiga point, pertama Lingkungan, Sosial dan Ekonomi, untuk lingkungan kami mengajak Masyarakat menjaga keasrian alam dengan tidak membuang limbah/sampah sembarangan, dan melaksanakan edukasi mitigasi kebencanaan, seperti membuka jalur evakuasi dan penanganan menghadapi bencana, diantaranya membentuk Retana lokal. " Beber Darusalam Suhendrip yang akrab disapa Darus.

Lanjut Darus; " Untuk Meningkatkan kembali minat baca dikalangan masyarakat kita, di bentuklah TBM. Taman Baca Masyarakat, yang berlokasi di Kp. Padakati Desa Tegallega Kec. Warungkondang, tujuanya agar generasi mendatang tidak terlalu menggilai smartphone. " Tutur Darus
Selanjutnya, Darus, kembali melanjutkan penuturanya; " Terkait ekonomi, saat ini kami sedang menyiapkan pasar digital atau pasar online untuk para pelaku UMKM, tentunya selain pasar real." Imbuhnya

" Masyarakat Tegallega itu sebenarnya produktif, di sana ada produk UMKM dendeng belut, Kripik, Teh kemasan, memang belum tertata secara profesional, untuk itu kami dampingi serta berikan edukasi tentang legalitas sebuah produk, Alhamdulillah saat ini produk-produk binaan kami sudah komplit perijinan nya, dan siap di pasarkan, baik itu di supermarket, mall, alfa dan pasar online, harapan kami UMKM menjadi tuan rumah yang tangguh di negeri sendiri. " Pungkas Darus.

Berbanding lurus dengan penuturan Darus, Kepala Desa Tegallega (Asep Nanang Haris) kepada media ikut menambahkan:

" Terimakasih kepada pemuda Patriot desa, keberadaanya sangat membantu warga kami, dari mulai membantu peningkatan pemberdayaan UMKM, Lingkungan, sosial bahkan sampai dengan pembelajaran bahasa asing, bahasa inggris dan jepang, tentu itu semua sangat berarti bagi kami, mewakili warga desa tegallega, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pemuda Patriot. " Pungkas Kades. (Red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemuda Patriot Desa Tegallega, Pelopori Mitigasi Kebencanaan Dan Pemberdayaan UMKM

Trending Now

Iklan