Program Bocil Dan Kocil Pemuda Patriot Desa Cikaroya Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini

suaracianjur.com
Juni 15, 2023 | 16:35 WIB Last Updated 2023-06-15T09:37:34Z
Suaracianjur.com | Cianjur - Cikaroya, Program (Bocil) Bocah Cinta Lingkungan, dan (Kocil) Kolot Cinta Lingkungan, yang di inisiasi Pemuda Patriot bersama Pemerintah Desa Cikaroya Kecamatan Warungkondang, bertujuan menanamkan kecintaan terhadap lingkungan sedini mungkin serta menumbuhkan kesadaran masyarakat akan keasrian, kebersihan lingkungan.

Lingkungan asri dan bersih akan mendorong munculnya ide-ide positif yang sifatnya membangun, selain memunculkan udara yang bersih, pemukiman yang sehat, kesadaran menjaga lingkungan akan berdampak positif terhadap ke higienisan produk-produk olahan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Kamis, (15/06/2023).

Pemuda Patriot bersama Pemerintah Desa Cikaroya, berinisiatif mengelola sampah menjadi bernilai komersial, melalui bank sampah serta pengrajin lokal dan dinas lingkungan hidup kabupaten cianjur, terus berupaya mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah hingga menjadi barang yang bernilai, mempunyai daya jual.
Asep Nugraha Erwin, Pemuda Patriot Desa Cikaroya, kepada awak media Suaracianjur.com, menuturkan; " Program Bocah Cinta Lingkungan, tujuanya mengajak anak-anak untuk mencintai lingkungan, supaya nantinya muncul kesadaran menjaga kebersihan lingkungan sedini mungkin, hal sama dengan Kolot Cinta Lingkungan, tujuanya menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan. " Bebernya.

" Dalam program ini tidak hanya sekedar bersih-bersih lingkungan saja, didalamnya terdapat program pemberdayaan pengrajin lokal yang memanfa'atkan limbah sampah, di daur ulang menjadi produk yang mempunyai nilai jual. " Tambahnya.

Lanjut Erwin; " Selain pengelolaan sampah dan mengajak masyarakat untuk peduli kebersihan lingkungan, kami pun melaksanakan kegiatan pengembangan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah, untuk lebih profesional mengemas produknya, dengan kemasan yang menarik dan segala perijinan usahanya di tempuh, maka kedepanya tidak akan muncul permasalahan. " Tuturnya.

" Intinya Kami Pemuda Patriot Desa, akan terus berupaya mengembangkan semua potensi yang ada di desa, baik itu sumber dayanya maupun sumber daya alamnya. " Pungkasnya.

Senada dengan Erwin, Sekretaris Desa Cikaroya (Lukman) terkait keberadaan Pemuda Patriot Desa di wilayahnya, menuturkan:

" Keberadaan Pemuda Patriot Desa sangat membantu kami, dimana banyak sekali ide-ide positif yang bukan sekedar wacana saja, ide-ide langsung di aktualisasikan dilapangan, program kerja mereka sangat nyata dan manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat, terakhir mereka mempunyai ide positif, bekerja sama dengan PMI, yaitu program donor darah, manfa'atnya banyak sekali, selain untuk kesehatan, kedepanya ketika masyarakat memerlukan golongan darah tertentu akses nya sudah ada. " Pungkas Sekdes. (Red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Program Bocil Dan Kocil Pemuda Patriot Desa Cikaroya Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini

Trending Now

Iklan