Program Patriot Desa Se-Kab. Cianjur, Menggali Segala Potensi Untuk Memakmurkan Warga Desa

suaracianjur.com
Juni 18, 2023 | 19:04 WIB Last Updated 2023-06-18T12:06:47Z
Suaracianjur.com | Cianjur - Program Patriot Desa yang di inisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, merupakan program human investment (Investasi Insani) yang tidak membawa anggaran/ dana ke Desa. Membantu Desa berupa gagasan, ide, tenaga maupun skill-keterampilan dari masing-masing patriot Desa.

Rekrutmen Pemuda Patriot Desa, seperti halnya perekrutan, pembukaan lowongan pekerjaan, ada proses penjaringan dan seleksi, ada honorarium berdasar pada surat kontrak kerja. Menjadi Pemuda- Pemudi Patriot Desa salah satu syaratnya haruslah berijazah S1 (Sarjana), karena disesuaikan dengan tugas dan tanggung jawabnya menggali potensi desa. Minggu, (18/6/2023).

Hal itu di sampaikan, Koordinator Tingkat Kabupaten SSPMD. (Nurul Khotimah, STP.) dihubungi Suaracianjur.com, melalui sambungan perpesanan WhatsApp:

" Patriot Desa dibekali 4 pilar, yaitu; Kejuangan, keikhlasan, kerakyatan dan ketekhnisan. Program ini membawa 2 KPI. (Key Performance Indicators) utama, yaitu penggerak lokal (Local Champions) yang perlu ditingkatkan 5 kapasitas utama, dan 1 KPI yang bersipat kolaborasi. " Beber Nurul.
" KPI kapasitas penggerak lokal, yaitu: pengelolaan inisiatif, ruang interaksi inklusif, pengembangan relasi dan jaringan kerja, pemasaran dan promosi inisiatif, serta pengembangan inisiatif. Sosialisasi/ koordinasi bersifat tekhnis diutamakan pada SSPMD Kabupaten (Koordinator) terlebih dahulu secara berjenjang kepada patriot desa. " Tambahnya.

Lanjut Nurul; " Patriot desa merupakan anak- anak muda milenial, penjelasan patriot desa merupakan bagian dari gerbang desa, gerakan membangun desa, secara keseluruhan pemuda-pemudi patriot desa tersebar di 12 Desa Se-Kab. Cianjur, Kecamatan Pacet, 2 Desa. Kecamatan Cugenang, 3 Desa. Kecamatan Warungkondang, 3 Desa. Kecamatan Gekbrong, 2 Desa. Kecamatan Cianjur, 2 Desa." Pungkasnya.

Dikonfirmasi di tempat terpisah, Kepala Desa Ciherang (Acep Haryadi) terkait Pemuda Patriot, menuturkan:

" Kehadiran Pemuda- Pemudi Patriot Desa sangat membantu kami, khususnya warga desa, dimana kehadirannya selalu membawa solusi yang solutif, baik itu di isu lingkungan, sosial maupun ekonomi. " Ujar Kades

" Kami sangat berterimakasih kepada para Pemuda- Pemudi milenial seperti mereka, berkat mereka yang inovatif warga kami pun jadi lebih termotivasi untuk menggali segala potensi yang ada di desa, baik dari segi sumber daya alam, maupun sumber daya manusia nya. " Pungkas Kades Ciherang. (Red).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Program Patriot Desa Se-Kab. Cianjur, Menggali Segala Potensi Untuk Memakmurkan Warga Desa

Trending Now

Iklan