Bendahara KSM Lestari Dan Pendamping, Berharap TPS3R Desa Sukajadi Berlanjut Hingga Produksi Pengolahan

suaracianjur.com
Agustus 13, 2023 | 14:38 WIB Last Updated 2023-08-21T05:59:35Z
Foto: Dok. SC. Bangunan tempat pengolahan sampah 3R, nampak masih dalam proses pembangunan


SUARA CIANJUR | CIANJUR - KARANGTENGAH, Setiap tahun nya Pemerintah gelontorkan anggaran triliunan rupiah melalui Kementerian untuk (PKT) Program Padat Tunai. Salah satunya Program TPS3R.

TPS3R adalah Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (mengurangi – menggunakan – daur ulang) lalu Pendekatan pengelolaan 3R mulai dari menjemput sampah dari tiap rumah, pemilah sampah, pengelolaan sampah organik yang akan dijadikan kompos.

Pelaksanaan TPS3R dilaksanakan secara PKT. Padat Karya Tunai, tujuan nya pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Program ini bertujuan juga untuk mengurangi kuantitas dan/atau memperbaiki
karakteristik sampah, yang akan diolah secara lebih lanjut di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dan berperan dalam menjamin terkelolanya sampah perkotaan/desa serta mengurangi kebutuhan lahan untuk penyediaan TPA.


Selaras dengan hasil Kongres Sampah II yang dilaksanakan di Plaosan Klaten tanggal 25 Juni 2022 menghasilkan 6 point, diantara nya yaitu perubahan citra sampah, perubahan perilaku terhadap sampah, sistem pengelolaan 
sampah.

Desa mandiri pengelolaan sampah, yang diperlukan agar dapat terlaksana best practice pengelolaan sampah.
Bank sampah adalah suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif mendorong kesadaran masyarakat tentang penanggulangan sampah. 

Kepada awak media Suaracianjur. Bendahara (KSM) Kelompok Swadaya Masyarakat Lestari Desa Sukajadi (Ai Nurhayati) menuturkan:

" Ada kerjasama dari semua pihak dalam program TPS3R ini, dari perencanaan, pembangunan sarana prasana yang dibutuhkan hingga produksi pengolahan dalam program ini, jadi jangan sampai sudah di bangun kemudian dibiarkan tanpa ada pembinaan dari instansi terkait." Urai Ai Nurhayati. Minggu, (13/8/2023).

Hal senada di sampaikan Konsultan Pendamping program TPS3R Desa Sukadi (Rulli) terkait program ini menegaskan:

" Program ini harus di perhatikan keberlanjutan nya, terutama setelah serah terima dari KSM ke KPP, ini harus menjadi perhatian semua stakeholder, baik itu dinas terkait, kepala desa serta para pengurus, demi keberlangsungan program TPS3R ini." Beber Rulli.

Pembangunan TPS3R Desa Sukajadi dibangun diatas lahan Desa, KSM. Kelompok Swadaya Masyarakat Lestari beralamat; Kp. Sukajadi RT. 05/06 Desa Sukajadi Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur.

(Lubis)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bendahara KSM Lestari Dan Pendamping, Berharap TPS3R Desa Sukajadi Berlanjut Hingga Produksi Pengolahan

Trending Now

Iklan