Berkat Kesigapan Petugas Damkar Dibantu Warga Setempat, Api Tidak Merembet Ke Bangunan Lain

suaracianjur.com
Agustus 15, 2023 | 00:05 WIB Last Updated 2023-08-21T05:57:31Z
Foto: Dok. SC. Nampak sijago merah melalap lantai 1 dan lantai 2

SUARA CIANJUR | BOJONGPICUNG - Diduga akibat hubungan arus pendek atau konsleting listrik, sekitar pukul 18.25 WIB. Satu rumah milik Ayi Rahmat (45) tahun, warga Kp. Babakansoka RT. 02/06 Desa Neglasari Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur, hangus dilalap sijago merah.

Beruntung, kejadian tersebut tidak merengut korban jiwa, tempat kejadian kebakaran tergolong tempat hunian padat penduduk, berkat kesigapan petugas damkar dibantu warga sekitar api dapat dipadamkan tidak merembet ke bangunan lain. Senin, (14/8/2023).

Rumah tersebut dihuni tiga orang, hasil penelusuran awak media di tempat kejadian kebakaran ketiga korban selamat.

Foto: Dok. SC. Petugas Damkar bersama Anggota Polsek Bojongpicung dibantu warga sekitar siaga di TKP

Wendi (43) tahun, tetangga korban, saksi mata yang pertama kali melihat asal mula datangnya api, kepada awak media suaracianjur.com, menuturkan:

" Pada saat itu saya melihat jendela rumahnya keluar asap juga dari atap rumah Kang Ayi keluar asap membumbung," paparnya. 

" Kemudian saya berteriak kebakaran, tak berselang lama warga sekitar pun berdatangan membantu memadamkan api agar tak merembet ke bangunan lain," urai Wendi.

Sementara itu pemilik rumah yang terbakar, Ayi Rahmat, menuturkan:

Foto: Dok. SC. Petugas Damkar bersama Anggota Polsek Bojongpicung seusai memadamkan api

" Saat itu saya dan keluarga,  tengah berada di ruangan lantai 1 dan melihat ke lantai 2 plafon rumah, sudah di kelilingi api yang menjalar, karena kaget kita segera bergegas kebawah, kemudian mengamankan keluarga yang berada dilantai satu," papar Ayi. 

" Selanjutnya kami segera meminta bantuan warga sekitar, karena api semakin membesar serta menjalar dan membakar lantai 1 dan 2, warga setempat pun spontanitas,  membantu memadamkan api yang semakin membesar."  Pungkas Ayi.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut dua unit kendaraan pemadam kebakaran dan satu unit kendaraan mobil PLN. Standby dilokasi kejadian, Petugas dibantu warga sekitar berjibaku memadamkan sijago merah, api pun berhasil di padamkan pada pukul 19.00 WIB. namun bangunan atas habis terbakar dan barang-barang beharga pemilik rumah terbakar.

Atas kejadian kebakaran tersebut, korban diduga mengalami kerugian kurang lebih Rp. 40 Juta. Tidak ada korban Jiwa atas kejadian tersebut. Sementara itu Kapolsek Bojongpicung bersama Anggota yang berada dilokasi kejadian langsung mengamankan tempat kejadian perkara.

(Asdon/Niko)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Berkat Kesigapan Petugas Damkar Dibantu Warga Setempat, Api Tidak Merembet Ke Bangunan Lain

Trending Now

Iklan