Koramil 0608/04 Cipanas Bersama Muspicam Laksanakan Renungan Suci Di TMP. Cipanas, Rangkaian Kegiatan Berjalan Khidmat Dibawah Temaram Lampu Malam

suaracianjur.com
Agustus 17, 2023 | 02:34 WIB Last Updated 2023-08-21T05:48:38Z
Foto: Dok. SC. Nampak Irup. Kapten ARM. Yayan Ruhiat saat memimpin acara renungan suci 

SUARA CIANJUR | ClPANAS - Rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 di Kecamatan Cipanas - Cianjur, dimulai sejak malam hari, melalui kegiatan renungan suci, bertempat di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Cipanas.

Kegiatan ini diinisiasi Koramil 0608/04 Cipanas dengan mengikut sertakan Muspicam tiga Kecamatan, meliputi Kecamatan Cipanas, Pacet dan Kecamatan Sukaresmi. Rabu, (16/8/2023).

Acara dimulai dari pukul 21.00 WIB. sampai dengan selesai, dengan Inspektur Upacara Danramil 0608/04 Cipanas (Kapten Arm. Yayan Ruhiat) diikuti peserta dari unsur TNI- Polri, dan Muspicam, rangkaian kegiatan renungan suci berjalan dengan khidmat dibawah temaram lampu malam.

Seusai kegiatan Danramil 0608/04 Cipanas (Kapten ARM. Yayan Ruhiat) terkait giat renungan suci di TMP. Kesuma Bangsa Cipanas, menuturkan:

" Alhamdulillah malam ini kita sudah melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT. RI. Ke- 78, berupa kegiatan renungan suci bertempat di TMP. Kesuma Bangsa Cipanas. Saya sendiri sebagai Inspektur Upacara dalam kegiatan tersebut," ujar Danramil 0608/04 Cipanas.

" Kegiatan berjalan khidmat, aman dan lancar, makna dari kegiatan ini adalah untuk menghormati serta menghargai jasa para Pahlawan yang gugur memperjuangkan kemerdekaan, yang saat ini perjuangan beliau kita nikmati, dalam kegiatan malam ini sudah sepatutnya kita mendo'akan yang terbaik untuk arwah para pejuang kemerdekaan," tegas Danramil.

Lanjut Danramil 0608/04 Cipanas; " Kita-kita selaku generasi muda penerus bangsa berkewajiban meneruskan perjuangan para pendahulu kita, perjuangan sekarang lebih ringan dibandingkan perjuangan dimasa merebut kemerdekaan," papar Danramil.


" Kami menghimbau kepada adek-adek generasi selanjutnya dan masyarakat pada umum nya jangan sampai melupakan sejarah, yang harus senantiasa kita kenang dan hormati setiap pengorbanan para pejuang kemerdekaan, semua elemen masyarakat baik TNI, Polri, ASN, dan Masyarakat pada umumnya harus mempertahankan serta mengisi kemerdekaan ini dengan semangat membangun, supaya cita-cita para pendahulu kita agar Bangsa Indonesia sejajar dengan Bangsa-Bangsa lain nya." Pungkas Danramil 0608/04 Kapten ARM. Yayan Ruhiat.

Masih dilokasi yang sama, Hal senada di sampaikan (Firman Edi) Camat Cipanas: 

"  Kegiatan renungan suci yang kita rayakan setahun sekali dalam rangkaian menyambut HUT. RI. Ke- 78, tujuan giat ini tentu saja untuk mengenang jasa para Pahlawan, selanjutnya kami selaku generasi penerus wajib meneruskan cita-cita pendahulu kita, mari kita isi kemerdekaan ini dengan hal positif." Pungkas Camat Cipanas, Firman Edi.

Sementara itu masih dalam suasana yang sama dengan kegiatan dan lokasi yang sama, Ketua MUI Pacet (H. Ade Mukhlis) juga ikut angkat bicara terkait makna dari renungan suci tersebut:

" Asalamualaikum Wr. Wb, malam ini Kita sudah melaksanakan renungan suci di TMP. Kesuma Bangsa Cipanas, makna dari giat ini, kita selaku warga negara penerus cita-cita perjuangan para pendahulu kita, wajib mengenang dan menghargai serta mendo'akan mereka para pejuang kemerdekaan. Beliau rela berkorban jiwa, raga dan harta demi kemerdekaan yang kita nikmati saat ini," ujar Ketua MUI.

" Kita sebagai generasi penerus terutama kaum milenial, generasi emas bangsa yang besar ini, mari kita isi kemerdekaan ini dengan karya, dengan semangat membangun negeri, melalui karya nya masing-masing yang bersifat positif dan membangun." Tegas Ketua MUI Pacet. H. Ade Mukhlis.

(Indrayama)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Koramil 0608/04 Cipanas Bersama Muspicam Laksanakan Renungan Suci Di TMP. Cipanas, Rangkaian Kegiatan Berjalan Khidmat Dibawah Temaram Lampu Malam

Trending Now

Iklan