Papua Tengah: Pos Kamling Potensial Tekan Kerawanan Nataru 2024

suaracianjur.com
November 26, 2023 | 14:27 WIB Last Updated 2023-11-26T07:44:56Z
Foto: Dok. SC. Photo bersama Anggota Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya bersama tokoh Adat Papua

SUARA CIANJUR | PAPUA TENGAH - Dalam rangka memasuki bulan desember serta menyambut (Nataru) Natal dan tahun Baru 2024. Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi berkoordinasi dengan Para Tokoh Adat Distrik Mageabumek Kabupaten Puncak Provinsi Papua tengah untuk membangun Pos (Kamling) Keamanan Lingkungan dalam rangka menjaga kerawanan keamanan khususnya saat Bulan Kasih, Bulan Desember.

Hal tersebut yang disampaikan Dansatgas Pamtas Mobile Raider 300/ Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letkol. Inf. Afri Swandi Ritonga, S.I.P., dalam rilis tertulis di Ilaga Kabupaten Puncak Papua tengah Minggu, (26/11/12023).

"Tingkat kerawanan di bulan Desember dan penghujung tahun 2023 yang cukup rawan harus kita cegah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Dansatgas.

"Sesuai dengan harapan masyarakat Papua, Kami Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya akan selalu memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat Papua." tegas Dansatgas.

Berbicara tentang keamanan yang harus diberikan kepada masyarakat Papua, salah satu Pos Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya, yaitu Pos Pintu Jawa memberikan saran kepada Para Tokoh Adat setempat untuk membuat Pos Kamling yang dijaga langsung oleh Masyarakat Papua.

Danpos Pintu Jawa Lettu. Inf. Dody Suyono terkait saran tersebut kepada awak media menyampaikan: 

"Jauh- jauh hari Kami mencoba berkoordinasi dengan Para Tokoh Adat yang ada di Distrik Mageabumek agar berkumpul di Pos Pintu Jawa untuk membicarakan hal penting terkait keamanan menyambut Hari Natal dan Tahun Baru," ungkap Danpos Pintu Jawa.
Lanjut Danpos Pintu Jawa; "Kami menyampaikan agar kita buatkan Pos Kamling yang kemudian dijaga langsung oleh Masyarakat Papua," ujar Danpos.

"Selanjutnya diantara kita terjadi kesepakatan pada pukul 19.00 WIT tidak ada lagi masyarakat yang berkegiatan diluar Honai terkecuali urgent," jelas Danpos.

Pos Kamling Raider 300/BJW akan mulai berjalan pada bulan Desember dan dijaga langsung oleh Masyarakat Papua.

"Kitorang nanti siap jaga di Pos Kamling Raider 300," Kata Abenda Murib warga setempat yang mendapatkan jadwal jaga pertama di Pos Kamling.

Lanjut Abenda Murib; "Yang penting kitorang jaga ada kopinya toh Bang." Ucapnya sambil tertawa bercanda.

(HD)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Papua Tengah: Pos Kamling Potensial Tekan Kerawanan Nataru 2024

Trending Now

Iklan