TNI/Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Junjung Tinggi Budaya Kearifan Lokal Dawe-Dawe

suaracianjur.com
Desember 29, 2023 | 16:31 WIB Last Updated 2023-12-29T09:37:28Z
Foto: Dok. SC. Kedekatan emosional TNI dengan warga lokal di acara Dawe- dawe

SUARA CIANJUR | PAPUA - NKRI merupakan rumah besar diisi oleh bermacam- macam suku, selain sumber daya alam nya yang berlimpah juga kaya dengan budaya, adat istiadat serta kearifan lokal. Salah satunya Dawe-dawe kekayaan budaya yang dimiliki Suku Dani di bumi Cenderawasih.

Dawe-dawe merupakan bahasa daerah Suku Dani yang berarti acara atau pesta adat yang dilakukan oleh masyarakat Papua untuk merayakan kebahagiaan. 

Ada beberapa acara yang biasanya dilakukan yaitu seperti, Acara pernikahan, acara rohani dan acara pemberkatan atau pemberian nama baru bagi bayi yang baru lahir.

Seperti Dawe-dawe Pemberkatan nama yang dihadiri oleh Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi di Distrik mageabumek tepatnya anggota Pos Pintu Jawa, juga turut dihadiri Bapak Gembala (Pendeta), Ondo Api (Tuan Tanah), Tokoh masyarakat serta masyarakat setempat.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letkol. Inf. Afri Swandi Ritonga, S.I.P, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Puncak Papua, Jum'at,(29/12/2023).

"Kebahagiaan dalam keluarga Papua Kami ini merupakan semangat bagi anak-anak Braja 300 untuk terus mengabdi selama Kami masih berada di tanah Papua," ujar Dansatgas.

"Hadirnya anggota keluarga yang baru merupakan harapan besar bagi keluarga untuk menjadi penerus generasi bangsa Indonesia," ungkapnya.

Lanjut Dansatgas; "Saya Pribadi mengucapkan selamat kepada Bapak Magewo Murib atas kelahiran anak barunya dan juga mengucapkan terima kasih anak-anak Braja 300 di Pos Pintu Jawa yang terus berdedikasi kepada masyarakat Papua." Pungkas Dansatgas.

Acara diadakan di Honai Keluarga Bapak Magewo, dimulai pada pagi hingga sore hari, berlangsung dengan hikmat bercampur rasa gembira.
Foto: Dok. SC. TNI/Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya selalu ada sa'at masyarakat Papua membutuhkan

Sementara itu' Pendeta Jarin Telenggen selaku pemberkat dalam acara itu menyampaikan.

"Puji Syukur Kitorang bilang kepada Tuhan Yesus telah lancarkan acara bahagia ini," ujar Pendeta Jarin Talenggen dalam do'a nya.

"Terima kasih juga kitorang bilang sama Abang-abang Pos yang su mau bantu-bantu di Dawe-dawe Pemberkatan ini," imbuhnya. 

Lanjut Pendeta Jarin Talenggen; "Semoga anak Bapak Magewo terus tumbuh jadi anak sehat." Pungkas Pendeta Jarin Talenggen diakhiri dengan do'a.

Nampak Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi dipimpin Danpos Pintu Jawa Lettu. Inf. Dody Suyono hadir di acara tersebut.

Dengan penuh keharmonisan dan keakraban mereka (anak- anak satgas-red) berbaur dengan masyarakat setempat.

(HN)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TNI/Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Junjung Tinggi Budaya Kearifan Lokal Dawe-Dawe

Trending Now

Iklan