Melalui Budidaya Ikan Kolam Air Deras Koperasi KMP KITA Ajak Anggota untuk Berinovasi

suaracianjur.com
Desember 29, 2023 | 13:37 WIB Last Updated 2023-12-29T06:40:49Z
Foto: Dok. SC. Photo ilustrasi kolam ikan air deras

SUARA CIANJUR | BOJONGPICUNG - Koperasi memiliki peran penting dalam perkembangan ekonomi, terutama perkembangan ekonomi berbasis kerakyatan, baik dalam pengembangan sektor pertanian, peternakan serta jenis usaha lain nya.

Koperasi harus bisa mengembangkan serta meningkatkan jenis usaha anggota nya yang beragam latar belakang usaha, selain mendorong dengan modal usaha koperasi harus memberikan bimbingan, motifasi dan terobosan. Jum'at, (29/12/2023).

Seperti yang sedang dilakukan KKMP KITA Koperasi Konsumen Multi Pihak Karya Indonesia Teguh Abadi, sa'at ini sedang melakukan survei budi daya ikan air deras yang di ajukan Cecep Sambas Anggota Koperasi KMPKITA.

"Kegiatan hari ini' kita sedang melaksanakan kegiatan survei lapangan bersama team pengawas lain nya dilahan milik Cecep Sambas, beliau merupakan anggota koperasi Kita," ujar Wakil Kepala Koperasi KMP KITA, Asep Dadang Sunandar, ST. SP. didampingi Ketua team pengawas survei, Agus Budi Priyatna.

"Luas tempat yang kita survei kurang lebih 4000m2 berada di wilayah Kp. Cibarengkok Desa Cibarengkok Kecamatan Bojongpicung," imbuhnya.

Lanjut Asep; "Budidaya ikan kolam air deras adalah sistem pembesaran ikan dengan cara memaksimalkan aliran air dan juga pemberian pakan serta nutrisi,dengan sistem ini akan meningkatkan produktivitas bobot bentuk ukuran serta bisa menekan umur panen ikan," urainya.

"Program ini akan meningkatkan penghasilan bagi anggota KMP KITA, jenis ikan yang akan di budidayakan antara lain ikan mas, nila, dan bawal, program ini juga bertujuan memadukan antara sumber daya alam, aplikasi pakan, nutrisi serta sistem pengairan intensive." Pungkas Asep kepada awak media.

Hal senada disampaikan Ketua team survei Koperasi KMP KITA, Agus Budi Priyatna.

"Suatu kolam budidaya disebut kolam air deras apabila debit air yang mengalir di kolam tersebut minimal sebesar 25 lt/detik, dengan debit optimalnya adalah 50-100 lt/detik," sambung Agus.

Ia juga menjelaskan' Prinsip budidaya ikan dengan kolam air deras umumnya memanfaatkan aliran air yang relatif deras untuk meningkatkan daya dukung kolam serta menunjang pertumbuhan ikan yang dibudidayakan.

Lanjut Agus; "Sumber air pada kolam air deras berasal dari aliran sungai atau saluran irigasi di dataran tinggi. Tata letak kolam air deras berada pada daerah yang agak miring sehingga terbentuk pola air mengalir dengan deras," jelasnya.

Secara detail Ia pun menjelaskan' Komponen kolam air deras meliputi pematang atau dinding kolam, dasar pintu, pintu air masuk, pintu air keluar, saluran pembuangan, dan saluran pemasukan.

"Bentuk dan ukuran kolam air deras bervariasi, dapat berupa segi empat, oval, atau bentuk lain sesuai dengan kehendak pembudidaya," imbuhnya.

Lebih lanjut Agus menjelaskan; "Budidaya ikan di kolam air deras banyak dilakukan di daerah pegunungan dengan aliran air yang rutin, deras, dan jernih. Umumnya, budidaya pembenihan ikan yang dapat dipelihara pada kolam air deras yaitu ikan nila," bebernya.

Terakhir Agus menegaskan; "Kelebihan kolam air deras
Budidaya ikan dengan kolam air deras termasuk salah satu teknik budidaya yang intensif, sebab tingkat produksinya relatif tinggi," tegasnya.

Ada beberapa kelebihan dalam menggunakan budidaya sistem kolam air deras, yaitu :

1. Aliran air yang deras mampu menyediakan kandungan oksigen terlarut dalam air pada tingkat yang jenuh.

2. Budidaya ikan di kolam ikan air deras dapat membuat ikan memperoleh oksigen lebih besar daripada kolam air tenang.

3. Dengan aliran air yang deras maka kolam akan selalu bersih dari kotoran serta sisa pakan.

4. Kolam air deras dapat ditebari ikan dengan kepadatan yang cukup tinggi serta lebih efisien dalam penggunaan kolam.

(Arkam)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Melalui Budidaya Ikan Kolam Air Deras Koperasi KMP KITA Ajak Anggota untuk Berinovasi

Trending Now

Iklan