MUI Pacet Resmikan Rumah Qur'an Tarbiyah Tilawah

suaracianjur.com
Januari 15, 2024 | 11:41 WIB Last Updated 2024-01-15T04:45:53Z
Foto: Dok. SC. Potong tumpeng peresmian Rumah Qur'an 

SUARA CIANJUR | PACET - Iman merupakan sesuatu yang fluktuatif, dapat bertambah dan berkurang, Iman akan bertambah ketika taat kepada Allah, dan akan berkurang ketika ingkar kepadaNya, untuk meningkatkan iman dan taqwa seorang muslim, Al-Bukhari (w. 256 H./870 M.) memberikan bab khusus di dalam kitab sahihnya tentang dasar keyakinan.

Rumah Qur'an Tarbiyah Tilawah Sukanagalih Pimpinan Ustad Muhamad Kurniawan di resmikan oleh MUI Pacet. KH. Ade Mukhlis. Minggu, (14/1/2024).

Kegiatan peresmian rumah Qur'an tersebut bertemakan "Membangun Negeri Tartil dan Mahir mengkaji Al-Qur'an hingga Istiqomah"

Hadir dalam peresmian tersebut, Ketua MUI Pacet, KH. Ade Mukhlis beserta Jajaran nya. Kepala Desa Sukanagalih beserta jajaran nya. Jamaah rumah Qur'an serta tamu undangan lain nya.

Usai acara peresmian Ustad Muhamad Kurniawan pimpinan Rumah Qur'an Tarbiyah Tilawah kepada media menjelaskan.

"Bermula dari informasi viral, muslim Indonesia ini mayoritas, kemudian presentasinya buta aksara belum bisa baca Quran itu masih sangat banyak," ujarnya.

"Bahkan terbaru ini di tahun 2023 dijelaskan bahwasanya 72% muslim Indonesia buta aksara yaitu baca Al-qur'an nya belum Tarti, ini fokus temuan standar kita sejak 2017 tarbiyah Tilawah di Bandung tepatnya di masa-masa pandemi," sambung Ustad Muhamad Kurniawan.
Foto: Dok. SC. Secara simbolis peresmian rumah Qur'an dengan pemotongan tumpeng

Ia juga menguraikan, masa pandemi tahun 2020 kebetulan di Bandung itu memang beberapa majelis ta'lim aktivitasnya berhenti, kemudian kami adakan solusi yakni aktivitas melalui online. 

"Bermula hanya di wilayah Bandung tahun 2021. Alhamdulillah kita masuk ke Jabodetabek, Cianjur,  Cibinong,Jakarta dan Tangerang," urainya.

Lanjutnya; "Alhamdulillah tahun 2023 kemarin kita adakan pertemuan Tartil Nasional di adakan di Villa colibah, kita sebut kalau di online  tartil nasional yang pertama," jelasnya.

Lebih lanjut Ustad Muhamad Kurniawan memaparkan; "Khususnya di wilayah Cianjur dikenal dengan kota santri, masyaallah banyak sekali yang daftar belajar Alquran Tartil, kami menyebutnya talaki Alquran yakni belajar Alquran langsung berhadapan, butuh ilmu dalam mentartil al-qur'an," Paparnya.

"Singkatnya di tahun 2023 awal sampai akhir, Tarbiyah Tilawah Nasional se-Indonesia mempunyai 400 jamaah mengikuti Tarbiyah Tilawah," tambah Ustad Muhamad Kurniawan.

"Selama satu tahun ini kami mengadakan sedekah subuh diperuntukkan bagi jamaah yang ingin doanya diijabah Allah SWT." Tutup Ustad Muhamad Kurniawan.

Masih ditempat yang sama KH.Ade Mukhlis ketua MUI Kec.Pacet menuturkan:

"Alhamdulillah, saya atas nama ketua MUI Kec Pacet Kabupaten Cianjur hari ini menghadiri peresmian pembukaan rumah Qur'an Tarbiyah Tilawah," tuturnya.

"Kami merasa bangga dan senang dengan adanya pembukaan pendidikan Alquran untuk remaja putra, remaja putri, untuk belajar Alquran dan lebih mengenal Alquran, biar anak-anak kita khususnya muslimin muslimat insya Allah ini sangat bermanfaat." Pungkas KH. Ade Mukhlis, Ketua MUI. Pacet.

(Indrayama)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • MUI Pacet Resmikan Rumah Qur'an Tarbiyah Tilawah

Trending Now

Iklan