Curug Cijampang, Suguhkan Pemandangan Alam Nan Indah Manjakan Mata

suaracianjur.com
Februari 02, 2024 | 15:50 WIB Last Updated 2024-02-02T15:51:57Z
Foto: Dok. SC. Air terjun Cijampang/Curug Cijampang yang eksotis

SUARA CIANJUR | PAGELARAN - Diwilayah Kabupaten Cianjur banyak sekali tempat yang indah bisa memanjakan mata, berpotensi dijadikan destinasi wisata, salah satu nya adalah Air Terjun Cijampang, warga lokal menyebutnya Curug Cijampang.

Curug Cijampang yang eksotis berada di Kampung Simpang Desa Situhiang Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur, orang- orang mengenal wilayah ini dengan sebutan Cianjur Selatan. Jum'at, (2/2/2024).

Curug Cijampang baru dibuka oleh masyarakat sekitar dan masih memerlukan sentuhan serta perhatian dari berbagai elemen masyarakat, agar kearifan lokalnya tetap terjaga.

Menurut cerita, Konon katanya menurut warga setempat selain memiliki keindahan, Curug Cijampang, juga terdapat petilasan atau (patilasan dalam bahasa sunda-red) Eyang Jampang Manggung. Salah satu tokoh besar Cianjur dari Kerajaan Galuh Ciamis. 

Eyang Jampang Manggung sendiri merupakan gelar atau sebutan untuk tokoh yang bernama Boros Ngora seseorang yang mempunyai kemampuan dari segi ilmu ketatanegaraan kerajaan Galuh Ciamis.

Damin, tokoh masyarakat setempat berinisiatif untuk mengelola wisata ini, mulai dari membuka akses jalan, papan penunjuk arah, kebersihan, dan sebagainya sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah.

"Untuk sampai ke Curug Cijampang, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 30-40 menit dari tempat parkir yang terletak di rumah warga," ujarnya.

"Sedangkan dari Cianjur Kota untuk sampai ke Curug Cijampang membutuhkan waktu 2,5 jam, itu bisa ditempuh mengendarai kendaraan umum (elf-red) jurusan Cijampang, ataupun kendaraan pribadi," sambung Damin.

Ia pun menuturkan, di sepanjang jalan, wisatawan akan disuguhi pemandangan pepohonan hijau yang asri dan sejuk, juga aktivitas masyarakat bertani.

"Setiba di Curug, wisatawan akan dibuat takjub oleh keindahan air yang mengalir dari ketinggian sekitar -+100 meter," ungkapnya.
Foto: Dok. SC. Curug Cijampang yang eksotis berada di Kampung Simpang 

Lanjut Damin; "Curug Cijampang ini memiliki dinding yang terbuat dari batuan yang menciptakan efek artistik dengan air yang berpencaran dan berbuih saat jatuh," urai Damin.

"Dinding Curug Cijampang yang lebar juga memberikan pemandangan yang luas dan menawan," tambahnya.

Kembali, Ia menjelaskan. Curug Cijampang ini memiliki air yang bersih dan jernih, dengan aliran yang deras dan menabrak batu-batu besar, sehingga membentuk pancaran air mandi yang unik.

"Di sekitar Curug ada berbagai pepohonan endemik yang masih ada dan terjaga seperti pohon rasamala, Baros, serta pohon paku yang menambah kesan eksotis," paparnya.

Lebih lanjut Damin menjelaskan; "Di bawah Curug areal aliran air, ada tempat yang bisa dijadikan untuk kolam, juga disekitaranya bisa digunakan wisatawan untuk bermain air atau berenang," jelasnya.

Tidak lupa Damin juga menuturkan, Bagi yang hobi fotografi, Curug Cijampang ini juga menjadi objek yang menarik untuk diabadikan.

"Yang hobi berswa photo, disini ada banyak view indah, terutama di depan Curug yang Instagramable, yang bisa digunakan untuk berfoto dengan latar belakang Curug Cijampang yang mempesona ini," tuturnya.

Terakhir, Damin menegaskan kembali; "Akses menuju lokasi Curug Cijampang melewati perkampungan warga bisa sambil jalan kaki, melewati kebun-kebun warga dan areal perhutani yang baru dibuka oleh masyarakat setempat dengan jalan setapak, untuk mempersingkat waktu pengunjung bisa menyewa ojeg warga akan tetapi tetap saja tidak langsung tertuju ke lokasi," pungkasnya.

(Erwin)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Curug Cijampang, Suguhkan Pemandangan Alam Nan Indah Manjakan Mata

Trending Now

Iklan