Panwaslu Cipanas Pastikan Setiap Tahapan Pemilu 2024 Berlangsung Sesuai Ketentuan Tidak ditemukan Pelanggaran

suaracianjur.com
Februari 26, 2024 | 23:40 WIB Last Updated 2024-02-26T16:47:54Z
Foto: Dokumentasi Panwaslu Kecamatan Cipanas

SUARA CIANJUR | CIPANAS - Panwaslu Kecamatan Cipanas pastikan setiap tahapan pemilu diwilayah kecamatan cipanas berlangsung sesuai aturan dan perundangan serta tidak ditemukan pelanggaran dalam setiap tahapan pelaksanaan nya.

Hal tersebut disampaikan Muhamad Aziz, S.S. Ketua Panwaslu Kecamatan Cipanas kepada awak media Suara Cianjur di Kantor Sekretariat Panwaslu Cipanas Komplek Bumi Cimacan Nomor 20 Rt. 02/09 Desa Palasari Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur.

"Tugas dan fungsi kami sebagai Panitia Pengawas Pemilu di tingkat Kecamatan mulai ditingkatkan sejak masa tenang, pertanggal 11 s/d 13 Februari 2024," ujar Aziz. Senin, (26/2/2024).

"Dimasa tenang ini, panwaslu kecamatan Cipanas beserta jajaran PKD dan PTPS  melaksanakan patroli pengawasan pada masa tenang, untuk memastikan tidak ada kegiatan kampanye, salah satunya penertiban apk ," bebernya.

Lanjut Aziz; "Kami juga menghimbau menghimbau peserta pemilu dan tim nya untuk tidak melakukan kampanye dalam bentuk apapun dimasa tenang," jelasnya.

Selanjutnya Muhamad Aziz, S.S. memaparkan hasil kinerja pengawasan pemilu 2024 dimasa Tenang

"Hasil dari pengawasan di masa tenang tidak ditemukan pelanggaran," tandasnya.

Kemudian Muhamad Aziz, S.S. kembali memaparkan kinerja pengawasan pendistribusian logistik pemilu. 
Foto: Dokumentasi kegiatan Pengawasan Panwaslu Kecamatan Cipanas

"Bersamaan dengan pengawasan masa tenang, panwaslu kecamatan beserta jajaran mengawasi pendistribusian logistik pemilu dari PPK ke PPS  pada, (12/2/2024), dan pendistribusian logistik dari PPS ke KPPS pada (13/2/2024) untuk memastikan logistik dikirim tepat jumlah, sesuai TPS nya dan ditempatkan di tempat yang aman," urainya.

"Dalam pengawasan logistik panwaslu kecamatan Cipanas tidak menemukan pelanggaran dalam pendistribusiannya," tambah Aziz.

Muhamad Aziz, S.S. kemudian memaparkan kinerja pengawasan tahapan pemungutan suara

"Pengawasan berlanjut pada tahapan pemungutan suara pada (14/2/2024), dalam tahapan ini panwaslu kecamatan cipanas telah menempatkan 350 Pengawas TPS sesuai dengan tempat kerjanya masing- masing," paparnya.

Ia juga mengatakan dalam setiap TPS diawasi oleh seorang Pengawas TPS yang tersebar di 350 TPS di Kecamatan Cipanas. Dan, menempatkan PKD sesuai dengan desanya masing- masing untuk memonitoring PTPS di ruang lingkup desanya.

"Semua laporan dilakukan secara berjenjang di hari yang sama pada (14-15/2/2024), setelah pemungutan suara, dilanjutkan dengan penghitungan suara," ucapnya.

Ia pun menjelaskan ada beberapa laporan terkait pelaksanaan penghitungan suara dalam tahapan penghitungan dan pemungutan suara, Laporan- laporan kejadian dapat diselesaikan di waktu dan tempat yang sama. Semua kejadian di tuangkan dalam Laporan Hasil Pengawasan.

Penjelasan Ketua Panwaslu Kecamatan Cipanas terkait Pengawasan arus balik logistik pemilu 2024

"Arus balik logistic dari Gudang PPS di 7 desa ke Gudang PPK Cipanas di GOR Lotus pada (15-16)
Pada hari Sabtu, 17 Pebruari 2024 Panwaslu Kecamatan Cipanas menghadiri serta mengawasi Penghitungan rekapitulasi terbuka Tingkat kecamatan cipanas dilakukan hingga Hari Kamis, 22 Pebruari 2024," ungkapnya.

"Kemudian dilaksanakan pleno rekapitulasi final kecamatan, rekap penghitungan perdesa dibacakan, dari 7 desa yang ada di kecamatan Cipanas, dan direkap kedalam rekapan kecamatan. Hasil rekapan tersebut ditandatangani oleh PPK dan Saksi Peserta Pemilu yang hadir. Dan, di bagikan kepada saksi partai yang hadir dan kepada panwaslu kecamatan Cipanas," tutur Aziz.

Lebih lanjut Aziz memaparkan; "Pada hari Jumat, 23 Pebruari 2024, setelah selesai pleno rekapitulasi dikecamatan, Pengawasan dan pengawalan berlanjut pada arus balik logistic dari Gudang logistic PPK Cipanas di Gedung GOR Lotus ke Gudang logistik KPU kabupaten Cianjur, di Jalan raya Bandung kecamatan Karang Tengah, diangkut menggunakan 12 armada truk, disertai pengawalan dan pengamanan dari aparat kepolisian dan TNI, berangkat pukul 07.00 tiba di Gudang KPU pukul 08.10.WIB," tutup Aziz

(Indrayama)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Panwaslu Cipanas Pastikan Setiap Tahapan Pemilu 2024 Berlangsung Sesuai Ketentuan Tidak ditemukan Pelanggaran

Trending Now

Iklan