Dansatgas Sujud Syukur Ratusan Anggota Yonif Raider 300/Brajawijaya Kembali Ke Cianjur dengan Selamat

suaracianjur.com
Februari 25, 2024 | 23:00 WIB Last Updated 2024-02-25T16:10:34Z
Foto: Dok. SC. Dansatgas beserta Anggota Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya sujud syukur sa'at tiba di markas Batalyon Infanteri Raider 300/Brajawijaya di Karangtengah Cianjur

SUARA CIANJUR | CIANJUR - Sebanyak 350 orang Anggota Yonif Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi kembali ke Cianjur setelah sembilan bulan bertugas menjadi Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya di Papua. Sementara 100 anggota lainnya direncanakan menyusul pulang menggunakan kapal laut. 

Hal tersebut disampaikan Komandan Batalyon Infanteri Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga, S.I.P dalam rilis tertulisnya di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Sabtu, (24/2/2024). 

Dansatgas Mobile 300 Siliwangi, Letkol.Inf. Afri Swandi Ritonga S.I.P. , mengatakan, selama sembilan bulan anggota Raider 300/BJW bertugas di Papua, Kabupaten Puncak 3 Distrik Beoga, Sinak, dan Ilaga. 

“Selama kami melaksanakan Satgas di sana, selama sembilan bulan banyak kegiatan yang kami kerjakan. Untuk di bidang pertempuran Alhamdulillah enam KKB tewas di tangan Satgas Raider 300, 2 tawanan, kemudian 2 senjata organik moser, dan beberapa perlengkapan KKB seperti drone, teropong dan lainnya,” Ungkap Dansatgas.

Dia mengungkapkan, kami juga membawa misi kemanusiaan selama operasi di Papua terdiri dari mengajar, seruan kesehatan, perduli stunting, bantuan sosial (Bansos) dan lainnya.

"Selama operasi di sana 70 persen kegiatan kami adalah misi kemanusiaan. Kemudian 20 persen misi tempur, dan 10 persennya kami misi intelijen yang berkaitan dengan bagaimana kami merubah kegiatan masyarakat untuk cinta NKRI, merah putih," jelas Dansatgas. 

Sambung Dansatgas, adapun hasil yang kami peroleh dari teritorial Alhamdulillah masyarakat Papua khususnya di Kabupaten Puncak yang begitu tertutup dengan kedatangan kami mereka sangat terbuka.

Selain itu. Danstagas Raider 300/BJW juga mendapat dua penghargaan, dari suku besar Dani dengan diberi gelar "Kogoya" kemudian dari Suku Damal Ilaga Utara diberi gelar "Dangmagai."

“Pada saat terakhir kami juga di lepas Bapak Bupati Puncak dan diberi penghargaan oleh Beliau beserta jajaran Pemda Kabupaten Puncak, Papua," bebernya.
Foto: Dok. SC. Dansatgas beserta Ratusan Anggota kembali ke Cianjur setelah 9 bulan bertugas di Papua

Selanjutnya Dansatgas mengungkapkan; "Sebelumnya ada sebanyak 450 anggota Raider 300/BJW yang diberangkatkan oleh Bupati Cianjur, Herman Suherman untuk ditugaskan di Papua," ungkapnya.

“Namun kepulangan kami baru sampai tiga gelombang menggunakan pesawat Citilink, sekarang di Timika masih sisa 100 orang, rencananya nanti naik kapal laut karena memuat barang-barang yang kami bawa," urai Dansatgas.

Terakhir Dansatgas bersama Jajaran yang berangkat tugas ke Papua mengucapkan syukur.

"Alhamdulillah kondisi anggota selama kami Satgas Mobile di Papua tidak ada yang sakit, karena Bapak Pangdam III/Siliwangi Mayor  Jenderal Erwin selalu memberikan support moril setiap minggu dengan memberikan jam pimpinan," pungkasnya.

(HN)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dansatgas Sujud Syukur Ratusan Anggota Yonif Raider 300/Brajawijaya Kembali Ke Cianjur dengan Selamat

Trending Now

Iklan