Libur panjang Lebaran H+4, jalur Wisata Cipanas mengalami Fluktuatif kepadatan Arus Lalulintas

suaracianjur.com
April 13, 2024 | 17:58 WIB Last Updated 2024-04-13T11:04:58Z
Foto: Dok. SC. Untuk mengurai kemacetan dan menghindari kemacetan total, diberlakukan one way, jalur satu arah oleh Petugas 

SUARA CIANJUR | CIPANAS - Libur panjang lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah H+4 jalur wisata dan tempat perbelanjaan Cipanas mengalami (Fluktuatif) naik turun kepadatan arus lalulintas. Baik itu pengendara Roda 4 maupun Roda 2.

Naik turun kepadatan arus lalulintas terlihat dibeberapa titik, seperti ditempat wisata dan pusat perbelanjaan yang ada di wilayah Cipanas dan sekitarnya. Sabtu, (13/4/2024).

Naik turun lonjakan kepadatan arus lalulintas terkadang menyebabkan kemacetan total, seperti yang terjadi di depan pasar Cipanas, Cipanas plaza, perempatan taman Cibodas, perempatan hanjawar, jalan cagak Ciloto, puncak pass segar alam hingga taman safari Ciawi Bogor.

Hal tersebut disampaikan Kanit Lantas Polsek Pacet Ipda.Pol. Akhmad Afandi. Lonjakan kepadatan arus lalulintas disebabkan antusiasme masyarakat yang ingin menghabiskan masa libur panjang di tempat wisata. Baik dari arah Bogor maupun sebaliknya.

"Arus dari arah Bogor yang mengarah ke Puncak lebih padat, sehingga diberlakukan one way dari Bogor menuju puncak pada jam 07.00 wib sampai dengan 10.45 WIB," ujarnya.

"Hari ini juga diberlakukan one way dari 17.00 wib sampai dengan 22.45 wib hal tersebut dilakukan dalam rangka antisipasi terjadinya kemacetan total," jelasnya

Ia juga mengatakan, lonjakan kepadatan lalulintas di dominasi oleh kendaraan plat B, baik R4 maupun R2.
Foto: Dok. SC. Nampak dalam photo mengendara R2 mengular hingga wilayah Bogor, mengingat hari libur panjang banyak masyarakat beraktivitas 

"Selain masuknya kendaraan dari luar kota menuju Cipanas untuk tujuan wisata, juga dipadati kendaraan arus balik menuju Jakarta," urainya.

Sambungnya, untuk pengendara roda 2 maupun roda 4 kita upayakan satu lapis, hal ini kami lakukan untuk mengurai kemacetan, dikhawatirkan kalau berlapis akan terjadi penumpukan kendaraan dari arah yang berlawanan.

"Untuk mengurai kepadatan arus lalulintas maka untuk arah sebaliknya kami tutup, kita melaksanakan antisipasi untuk jalur yang hendak ke arah Bogor terkena imbas penutupan," bebernya.

Lanjut Ipda.Pol. Akhmad Afandi; "Kita upayakan 1 lapis jangan sampai nanti banyak penumpukan kendaraan, sehingga diberlakukan One Way dari Bogor menuju puncak," paparnya.

"Untuk one way hari ini sebenarnya kita mulai dari jam 10.45 wib, karena tadi banyak hambatan salah satunya pelambungan pengendara R2 yang terus melambung, hingga menutup arus yang dari bawah terutama R4 yang mengarah ke Puncak, juga ada info beberapa kali terjadi penguncian di wilayah Bogor," pungkasnya

(Indrayama)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Libur panjang Lebaran H+4, jalur Wisata Cipanas mengalami Fluktuatif kepadatan Arus Lalulintas

Trending Now

Iklan