Masyarakat Panik, Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Guncang Mamasa Sulawesi Barat

suaracianjur.com
April 08, 2024 | 23:37 WIB Last Updated 2024-04-08T16:43:11Z
Foto: Dok. SC. Dasyatnya gempa sanggup membuat jalan terbelah

SUARA CIANJUR - MAMASA - Kembali gempa berkekuatan M 3,3 mengguncang Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat, Senin (8/4/2024) dinihari, pukul 03.30 WITA.

Badan Meteorologi, Klimalogi, dan Geofisika (BMKG) merilis informasi terbaru terkait gempa yang terjadi tersebut.

Informasi  meski terjadi di Mamasa, namun getaran gempa dirasakan hingga ke Kabupaten Mamuju yang berjarak 113 kilometer.

Menanggapi hal tersebut, PMG Pertama BMKG Stasiun Tampa Padang Mamuju, Hadi Nur Rohman mengatakan, gempa tersebut bersumber dari sesar (patahan) Saddang.

"Pada umumnya gempa bumi di sekitar wilayah Mamasa bersumber dari aktivitas sesar/patahan Saddang," ujarnya.

Kata dia, sesar saddang melintasi Mamasa dengan arah barat laut-tenggara. Jenis dari sesar saddang adalah mendatar mengiri (sinistral strike-slip). Aktivitas seismik di Mamasa hampir setiap hari terjadi namun, dominan tidak dirasakan.
Foto: Dok. SC. Kepanikan terjadi di tempat pertokoan, nampak seorang Ibu menggendong anaknya, berlari menyelamatkan diri

Kepanikan para pedagang saat gempa

Ia menambahkan, sesar Saddang dikategorikan sebagai gempa bumi swarm. Gempa swarm yaitu gempa yang terus menerus terjadi dalam waktu cukup lama hingga mencapai tiga bulan atau lebih.

BMKG mencatat, sesar Saddang dengan magnitudo terbesar terjadi pada 2018. "Sepengetahuan kami pernah terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 5,1 sr pada tanggal 8 November 2018 yang diduga dipicu oleh aktivitas sesar sedang," ujarnya.

Terkait gempa tersebut yang dirasakan sampai di Mamuju Hadi mengatakan, ada kemungkinan beberapa orang kurang teliti dalam membaca keterangan informasi.

"Berkaitan dengan ini, karena sekilas saya baca ada laporan dirasakannya di Mamuju. Memang parameter yang disampaikan sudah sesuai yaitu berdekatan dengan pesisir di Mamuju. Kemungkinan beberapa kurang teliti dalam membaca keterangan informasi yang diberikan," jelasnya.

Dikutip dari Suar Indonesia. Ia menegaskan, 53 kilometer barat laut Mamasa bukan berarti sumbernya dari Mamasa.

"Akan tetapi, Kota Mamasa dijadikan titik acuan jarak terhadap sumber gempa bumi. Sehingga diperkirakan jarak sumber gempa sejauh 53 km disebelah barat laut dari kota mamasa," tutupnya. 

(Red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Masyarakat Panik, Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Guncang Mamasa Sulawesi Barat

Trending Now

Iklan