Delapan Warga Kampung Cigintung Mande diduga terjangkit DBD, Warga Minta Dinas Kesehatan segera Bertindak

suaracianjur.com
Mei 05, 2024 | 16:42 WIB Last Updated 2024-05-05T09:49:46Z
Foto: Net. Ilustrasi fogging (pengasapan) yang diharapkan warga Kp. Cigintung 

SUARA CIANJUR | MANDE - Sebanyak 8 orang warga Kp. Cigintung RT. 05/06 Desa Kutawaringin Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur diduga terjangkit penyakit (DBD) Demam Berdarah Dengue.

Warga khawatir jika tidak secepatnya ditangani Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur serta Jajaran nya jumlah terjangkit akan semakin bertambah. Minggu, (5/5/2024).

Dilansir dari laman web Dinkes Prov NTB. DBD adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti dan Aedes albopictus betina.

Ceceng (48) tokoh masyarakat Kp. Cigintung RT. 05/06 Desa Kutawaringin Kecamatan Mande menuturkan:

"Kami khawatir kalau tidak segera ditangani pihak terkait, penyakit ini akan menyebar karena sudah ada 8 orang yang terjangkit," ujar Ceceng.

"Sa'at ini beberapa orang masih dirawat di Rumah sakit Cimacan," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, warga yang terserang penyakit DBD kebanyakan dari kalangan kurang mampu secara ekonomi, makanya mereka hanya dirawat secara mandiri dirumah.

"Peristiwa ini sudah kami laporkan kepada perangkat desa melalui sambungan WhatsApp karena letak kampung dengan kantor desa kurang lebih 10kiloan," akunya.

Sambung Ceceng; "Bahkan 2 dari 3 orang kader posyandu sa'at ini terjangkit DBD, termasuk ketua erte/erwe dan keluarganya, dan sa'at ini isteri saya pun sudah 10 hari terjangkit DBD," imbuhnya.
Foto: Net. Ilustrasi gambar nyamuk penyebar penyakit 

Lanjut Ceceng; "Yang dirasakan isteri saya pusing-pusing, badan sakit, demam tinggi bahkan beberapa kali mengalami pingsan, menurut keterangan nakes trombosit isteri saya mengalami penurunan," ucapnya nampak cemas.

"Bahkan anaknya Pa Erte sempat keluar darah dari hidungnya," jelas Ceceng.

Terakhir Ceceng berharap peristiwa ini secepatnya mendapat tanggapan serius dari Dinas Kesehatan dan jajaran nya.

"Kami berharap mereka datang ke kampung kami memberikan solusi, seperti melakukan fogging, membagikan serbuk yang biasa disimpan dibak mandi, atau memberikan edukasi kepada kami," harapnya.

Terpisah Kepala Puskesmas Mande Euis Ratna Juita, Amd.Kep.SKM dihubungi melalui sambungan Aplikasi perpesanan WhatsApp menuturkan:

"Baik nanti kita cek dulu apa sudah masuk laporan keluhan dari masyarakat kampung Cigintung," jawab Kapus sa'at di konfirmasi awak media Suara Cianjur.

"Kami selalu melakukan pemantauan pa kedesa-desa di kecamatan Mande," jelasnya.

Terakhir Kepala Puskesmas Mande mengucapkan terimakasih atas konfirmasi media, menurut Ia ini merupakan informasi.

"Terimakasih Pa atas informasinya, secepatnya nanti kami cek ke lapangan," tuturnya.

(Arkam)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Delapan Warga Kampung Cigintung Mande diduga terjangkit DBD, Warga Minta Dinas Kesehatan segera Bertindak

Trending Now

Iklan