Dr.Ir.Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS. M.Sc. Saat Kunjungan Kerja Paparkan Tekhnis Ketahanan Pangan

suaracianjur.com
Juli 17, 2023 | 21:18 WIB Last Updated 2023-08-24T08:26:32Z
Suaracianjur.com | Cianjur - Warungkondang, Dr.Ir.Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS. M.Sc. dalam kunjungan kerja Komisi IV DPR. RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi H. Dedi Mulyadi, SH. Memaparkan tekhnis ketahanan pangan dalam menghadapi fenomena el-nino.

Kunjungan kerja reses Komisi IV DPR. RI ini dilaksanakan di dua tempat, pertama dilaksanakan di Jangari- Mande, kemudian dilanjutkan didaerah Warungkondang, tepatnya Kampung Wisata Budaya Padi Pandanwangi Desa Tegallega Kecamatan Warungkondang. Senin, (17/7/2023)

Kepada awak media Suaracianjur.com. Anggota DPR RI Fraksi Gerindera (Dr.Ir.Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS. M.Sc) menuturkan terkait Tekhnis ketahanan pangan dalam menghadapi fenomena pemanasan suhu muka laut:

" Peningkatan penyerapan beras lokal ini diperlukan dengan tujuan untuk menganalisis dampak el-nino terhadap ketersediaan pangan di berbagai wilayah yang terdampak serta penyusunan strategi untuk mengatasi masalah tersebut." ucapnya.

Lanjut Endang; " Untuk mengatasi dampak negatif dari el-nino, kita mesti mempersiapkan lahan pertanian ditambah tenaga pendamping yang ahli di bidangnya, termasuk anak muda kita ikut sertakan dalam program ketahanan pangan ini," tambah Endang

" Disini kita memiliki standarisasi dan instrumen pertanian, kebetulan saya pensiunan dari kementerian pertanian, dulunya PNS. tahun 2008 saya pensiun, kebetulan juga tahun 1984 pada waktu presiden kita pak Soeharto, mendapat penghargaan dari FAO, saya diminta menterjemahkan tekhnis pertanian dalam bahasa Prancis." urai Endang

Kembali Dr.Ir.Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS. M.Sc. melanjutkan penuturan nya terkait ketahanan pangan dimasa Soeharto:

" Waktu itu satu juta ton beras dari cianjur disumbangkan ke Afrika, ini para petani Kita harus bangga, dari Cianjur satu juta ton beras di sumbangkan untuk negara Afrika yang sedang kelaparan pada saat itu, jadi saya diminta juga oleh pak Harto untuk membuat program menanam mundur," bebernya

" Jadi ini PR kita bersama. mudah-mudahan pak Bupati bisa menjelaskan kepada para petani kita bahwa di Kabupaten Cianjur ini pak Bupati punya program-program yang besar. Untuk peningkatan ketahanan pangan," tutupnya.

(Restu)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dr.Ir.Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS. M.Sc. Saat Kunjungan Kerja Paparkan Tekhnis Ketahanan Pangan

Trending Now

Iklan