Kunjungan Kerja Reses Komisi IV DPR. RI Ke Provinsi Jawa Barat - Kabupaten Cianjur

suaracianjur.com
Juli 17, 2023 | 14:16 WIB Last Updated 2023-08-24T08:26:19Z
Suaracianjur.com | Cianjur - Warungkondang, Kunjungan Kerja Reses Komisi IV DPR. RI Ke Provinsi Jawa Barat Kabupaten Cianjur dengan tema, Penyelamatan Varietas padi lokal Pandanwangi dan ketersediaan pangan menghadapi el-nino tahun 2023

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DPR. RI, H. Dedi Mulyadi, SH dan Jajaran nya, Bupati Cianjur, H. Herman Suherman beserta Jajaran nya. Acara dilaksanakan di Kampung Wisata Budaya Pandanwangi Desa Tegallega Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur, pada pukul 01.00 WIB. Senin, (17/7/2023)

Dalam pidato sambutan nya Bupati Cianjur (H. Herman Suherman) menuturkan:

" Padi Pandanwangi ini merupakan varietas unggulan Kabupaten Cianjur, tapi dewasa ini memang lahan pertanian khususnya pertanian tanam padi lahan nya semakin menyempit, karena banyak di alih pungsikan, untuk itu kami mencoba menyelamatkan lahan- lahan produktif yang berpotensi di jual oleh warga dengan membeli lahan tersebut," ujar Bupati dalam pidatonya.

Lanjut Bupati Cianjur; "Setelah Kami beli lahan tersebut di garap kembali oleh Masyarakat, memang tujuan nya bukan untuk mengambil alih lahan tapi menyelamatkan lahan tersebut agar tidak jatuh ke tangan yang salah, karena kami memerlukan lahan produktif untuk pertanian dalam menghadapi el- nino 2023." tutup Bupati dalam pidato sambutan nya

Senada dengan Bupati Cianjur, Wakil Ketua Komisi IV DPR. RI (H. Dedi Mulyadi, SH.) dalam pidato sambutan nya menjelaskan;

" Menurut saya bibit padi itu sama yang penting qualitas dan quantitasnya, sesuai dengan cara pandang masyarakat Sunda biar sedikit yang penting cukup, dalam pertanian kita harus mencontoh kepada masyarakat Baduy, mereka menanam padi sesuai kearifan lokal mereka tanpa memakai tekhnis tekhnologi seperti saat ini, tapi mereka mampu memiliki cadangan benih padi untuk 150 tahun kedepan," tutur Dedi Mulyadi.

Lanjut Dedi, " Bayangkan mereka orang Baduy memiliki cadangan bibit padi untuk 150 tahun ke depan, sehingga anak cucunya tidak akan kesulitan lagi dalam permasalahan pangan." Pungkasnya.

Sementara berita ini di naikan acara reses sedang berjalan ke sesi tanya jawab antara Petani penggarap dan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi IV yang di Pimpin H. Dedi Mulyadi.

(Red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kunjungan Kerja Reses Komisi IV DPR. RI Ke Provinsi Jawa Barat - Kabupaten Cianjur

Trending Now

Iklan