Satgas Pamtas Mobile Yonif 300/BJW Kodam III/Siliwangi Bantu Anak Papua Raih Impian Dan Cita- Cita

suaracianjur.com
September 26, 2023 | 19:41 WIB Last Updated 2023-09-26T12:45:19Z
Foto: Dok. SC. Nampak dalam photo anak-anak Papua antusias menerima buku pelajaran dari Satgas Pamtas Yonif 300/BJW Kodam III/Siliwangi

SUARA CIANJUR | PAPUA TENGAH - Selaras dengan amanat UUD 1945 dan Program Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, Satgas Pamtas Mobile Yonif 300/BJW Kodam III/Siliwangi membantu Guru mengajar serta membagikan perlengkapan sekolah  kepada anak-anak di Kabupaten Puncak Provinsi Papua Tengah. 

"Kami ikut membantu guru mengajar dan membagikan ratusan perlengkapan sekolah kepada anak-anak di daerah penugasan Papua berupa tas, buku tulis, buku bacaan anak-anak, pensil dll untuk mendukung pemerintah setempat dalam rangka mencerdaskan kehidupan Bangsa". Ujar Letkol. Inf. Afri Swandi Ritonga, S.I.P, Dansatgas. Mobile Raider 300/Bjw Kodam III/Siliwangi dalam rilis tertulis di Ilaga Kabupaten Puncak Papua. Selasa, (26/9/2023).

Pendidikan adalah hal penting yang menjadi tolak ukur kemajuan sebuah bangsa. Tidak sedikit dana yang dianggarkan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, sampai-sampai negara menggelontorkan dana sebesar 20 % dari APBN setiap tahun nya untuk dunia pendidikan melalui Kemendikbud RI. 

Hal itu dilakukan secara bersinergi antara Pemerintah Pusat dan Daerah semata-mata untuk memberikan kesempatan yang sama bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang layak. 

Lebih lanjut Dansatgas menjelaskan; "Namun dengan situasi dan kondisi yang ada harapan Pemerintah tersebut bisa saja hanya menjadi isapan jempol semata. Dengan situasi keamanan yang masih belum stabil, terbatasnya jumlah tenaga pendidik dan sekolah tentunya hal ini akan menjadi penghambat," jelasnya.

"Selain itu tingkat ekonomi masyarakat yang pada umumnya masih rendah karena hanya mengandalkan hasil bumi berupa kebun dan hutan ditambah lagi letak geografis yang terpencil di pegunungan akan membuat perkembangan dunia pendidikan semakin terpuruk," sambung Dansatgas melalui rilis tertulisnya.
Kembali Dansatgas melanjutkan rilis tertulisnya kepada awak Media: 

"Hal inilah yang membuat Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi merasa prihatin dan bertekad untuk membantu Pemda setempat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Papua," tegasnya.

"Memang tidak banyak yang bisa kami berikan, namun dengan kegiatan bersama tenaga pendidik dan pembagian perlengkapan sekolah ini kami berharap bisa meningkatkan semangat belajar anak-anak Papua dan membantu mereka meraih impian dan cita-citanya," harap Dansatgas.

Dengan suka cita personel Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi terutama Pos Sinak Kout membagikan perlengkapan belajar, mereka mendatangi sekolah-sekolah dari tingkat SD sampai SMP. Dengan adanya kegiatan ini pihak sekolah pun menyambut baik kedatangan personel Satgas.

Mereka merasa bahagia terutama anak-anak sekolah sampai ada yang berebut ingin mendapatkan pembagian perlengkapan sekolah. 

"Kami sangat senang dengan kegiatan bersama ini ditambah lagi ada pembagian perlengkapan sekolah kepada anak-anak didik kami, hal ini merupakan bukti nyata kepedulian bapak-bapak TNI terhadap perkembangan dunia pendidikan di Papua. Semoga menambah semangat belajar anak-anak sehingga mereka terus mau melanjutkan sekolah sampai tingkat tertinggi untuk mencapai cita-citanya". Ujar Bapak Nopinus Kogoya, seorang guru SDN Inpres Sinak.

Terakhir, Dansatgas berharap dengan hadirnya personel Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi di Papua dapat memberikan efek yang positif bagi masyarakat sekitar di daerah penugasan terutama dibidang pendidikan.

(HN)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Satgas Pamtas Mobile Yonif 300/BJW Kodam III/Siliwangi Bantu Anak Papua Raih Impian Dan Cita- Cita

Trending Now

Iklan