Suara Bisu Menginspirasi: PT. Tirta Investama Berdayakan Siswa SLB Tuna Wicara melalui Pelatihan Membatik

suaracianjur.com
September 21, 2023 | 14:51 WIB Last Updated 2023-09-21T07:55:01Z
SUARA CIANJUR | CIANJUR - PT. Tirta Investama (AQUA Cianjur), merupakan perusahaan terkemuka dalam industri minuman kemasan di Indonesia, dengan bangga melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) terbaru mereka berupa pelatihan membatik bagi siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) berkebutuhan khusus, khususnya siswa tuna wicara. Program ini terselenggara bersama UMKM dampingan Aqua Cianjur yaitu Batik Dahlia-Genturan yang sudah kondang di Warungkondang Kabupaten Cianjur.

Mengambil langkah proaktif untuk memajukan inklusi sosial, AQUA Cianjur dengan tulus berbagi pengetahuan dan keterampilan kepada siswa SLB Tuna Wicara. Pelatihan membatik ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana edukasi, tetapi juga sebagai bentuk dukungan bagi siswa-siswi yang mungkin menghadapi tantangan lebih besar dalam mencari peluang pekerjaan. Kamis, (21/9/2023).

Program pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan AQUA Cianjur untuk menciptakan dampak positif di masyarakat. Dalam rangka meningkatkan inklusi sosial, perusahaan ingin memastikan bahwa setiap individu, terlepas dari kondisi fisiknya, memiliki peluang untuk tumbuh dan berkembang.

Selama pelatihan, siswa SLB tuna wicara diajarkan seni membatik, sebuah warisan budaya Indonesia yang berharga. Mereka belajar bagaimana menciptakan karya seni unik menggunakan teknik tradisional membatik, memungkinkan mereka untuk mengembangkan keterampilan kreatif dan meningkatkan rasa percaya diri.

Dalam acara ini turut hadir Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur Komarudin. Selain pelatihan, acara ini sekaligus peresmian aula Rumah Produksi Batik Dahlia-Genturan yang diresmikan langsung oleh Ka Diskoperdagin. Aula ini support dari AQUA untuk UMKM.
Foto: Dok. SC. Siswa- Siswi Sekolah Luar Biasa saat mengikuti pelatihan membatik

Komarudin dalam pidato sambutannya mengucapkan; 

" Terima kasih kepada Aqua Cianjur karena telah memberikan manfa'at bagi warga Cianjur, mengapresiasi kegiatan pelatihan dan memberikan motivasi kepada adik-adik dari SLB Bina Asih Cianjur." Tutur nya dalam pidato sambutan.

Sementara itu Koordinator Program CSR Aqua  Uden Winajat, menjelaskan:

" Kegiatan pelatihan Batik Tulis adalah rangkaian kegiatan memperingati Hari Batik Nasional, juga sebagai bukti kepedulian kami terhadap warisan Budaya Indonesia yaitu batik." ungkapnya.

Lanjut Uden; " Pelatihan batik tulis ini diharapkan dapat menciptakan pembatik tulis yang handal sehingga kedepan akan terbentuk divisi batik tulis yang siap memproduksi batik khas Cianjur.” jelas Uden.

Uden menambahkan; " AQUA Cianjur sangat bersemangat untuk melanjutkan upaya-upaya positif dalam mendukung masyarakat. Melalui program ini, berharap siswa-siswa SLB tuna wicara tidak hanya mendapatkan keterampilan baru, tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri mereka." Pungkasnya.

Sementara itu Pemilik Dahlia Batik Genturan Eliana Trisnawati menjelaskan jika Batik adalah bagian dari identitas bangsa Indonesia. Ada makna dan nilai nilai spiritual yang berharga dari  corak batik yang dimiliki terutama batik khas Cianjur.

" Setiap daerah memiliki corak batik yang berbeda, memiliki filosofi yang berbeda. Oleh karena itu batik adalah bagian dari identitas bangsa Indonesia, itu lah yang harus kita sosialisasikan kepada generasi muda dalam hal ini pelajar," beber Eliana.

Tambah Eliana; " Kalau pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada Pihak PT. Tirta Investama Aqua, dan berbagai pihak yang terlibat, kami berharap pelatihan ini berkelanjutan dan bisa berkesinambungan." Tutupnya.

(Erwin)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Suara Bisu Menginspirasi: PT. Tirta Investama Berdayakan Siswa SLB Tuna Wicara melalui Pelatihan Membatik

Trending Now

Iklan