Letkol. Inf. Afri Swandi Ritonga, S. IP: Butuh Komitmen Bersama Untuk Jaga Generasi Papua

suaracianjur.com
Oktober 02, 2023 | 18:41 WIB Last Updated 2023-10-02T11:48:23Z
Foto: Dok. SC. Nampak anak- anak Papua sangat antusias mengikuti aktifitas belajar mengajar dengan Anggota Satgas Mobile Raider 300/BJW Kodam III/Siliwangi

SUARA CIANJUR | PUNCAK. PAPUA - Ditengah dinginnya udara pegunungan Papua yang asri anak-anak daerah Papua telah bersiap untuk berangkat menuju sekolah mereka masing-masing.

Dengan segala keterbatasan yang ada, anak-anak Papua tetap bersemangat menempuh perjalanan yang jauh dengan berjalan kaki menuju sekolah tercinta, untuk mengenyam Pendidikan demi menggapai keinginan dan cita-cita.

Mereka di masa depan, melalui pendidikan akan mendapatkan kehidupan lebih baik sehingga dapat memajukan daerah Papua dan mengharumkan nama Indonesia. 

Semua ini harus kita dukung bersama dengan komitmen semua pihak untuk mendukung dan mendorong mereka terutama di bidang pendidikan.

Hal tersebut di sampaikan Dansatgas Mobile Raider 300/BJW Kodam III/Siliwangi,  Letkol. Inf. Afri Swandi Ritonga dalam Rilis tertulisnya di Ilaga, Kabupaten Puncak,  Papua. Senin (1/10/2023).

"Komitmen ini sejalan dengan komitmen dan keinginan Dansatgas Mobile Raider 300/BJW Kodan III/Siliwangi, Letnan kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga S.I.P beserta Jajaran dengan memastikan pendidikan tetap berjalan di tengah konflik yang melibatkan Kelompok Separatis Bersenjata (KST) di Papua," ungkap Dansatgas lewat rilis tertulisnya.

"Kami percaya bahwa pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk merubah dunia. Oleh karena itu, kami akan terus berusaha dan bekerja sama dengan masyarakat setempat dan semua pihak terkait untuk memastikan bahwa anak-anak Papua tetap mendapatkan pendidikan yang layak," tambah Dansatgas.

Meskipun Papua masih dilanda ketegangan akibat aktivitas KST, Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi tak berhenti dalam misinya untuk mendidik generasi muda Papua.

"Dengan keyakinan bahwa pendidikan adalah kunci untuk menciptakan masa depan yang lebih baik, bahkan di tengah tantangan yang serius," tegas Dansatgas.

Ini dibuktikan dengan konsistensi Personel Satgas Mobile Siliwangi dengan turun ke sekolah-sekolah di Kabupaten Puncak untuk mengajar anak-anak dengan penuh semangat dan dedikasi tinggi memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anak-anak Papua. 
"Langkah ini mencerminkan tekad bersama untuk melindungi masa depan anak-anak Papua, memberi mereka peluang yang sama dengan anak-anak di daerah lain di Indonesia," ungkap Dansatgas.

Tidak hanya memberikan pengetahuan akademik, Satgas Mobile Raider 300/BJW Kodam III/Siliwangi juga memberikan pendidikan karakter yang mengedepankan nilai-nilai perdamaian, persatuan, dan keberagaman. 

"Dengan cara ini diharapkan anak-anak Papua tumbuh menjadi generasi yang tangguh, bijaksana, dan siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan," tegas Dansatgas.

Semangat belajar anak Papua tertuang dalam ucapan Elsya Murib salah satu siswi SMP di daerah Kabupaten Puncak Papua

"Saya ingin menjadi suster atau masuk ke IPDN, saya ingin papua aman dan damai. Papa, Mama, kakak semua tolong jaga sekolah kita, jangan rusak sekolah kami, kami ingin menggapai cita-cita kami” harap Elsya Murib.

Meskipun konflik masih terjadi tetapi komitmen Satgas Mobile Raider 300 untuk melindungi generasi Papua tidak pernah pudar walau harus mengorbankan jiwa dan raga. 

Dalam situasi sulit ini Dansatgas Mobile Raider 300/BJW yakin kerjasama antara pemerintah, satuan tugas keamanan, dan masyarakat setempat sangat diperlukan untuk memastikan bahwa anak-anak Papua memiliki akses terhadap pendidikan yang berkualitas 

"Sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan yang positif bagi Papua khususnya dan Indonesia pada umumnya." Pungkas Dansatgas.

(HN)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Letkol. Inf. Afri Swandi Ritonga, S. IP: Butuh Komitmen Bersama Untuk Jaga Generasi Papua

Trending Now

Iklan