Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Bangun Instalasi Air Bersih Untuk Warga Eromaga Papua

suaracianjur.com
Desember 07, 2023 | 19:16 WIB Last Updated 2023-12-07T12:21:01Z
Foto: Dok. SC. Anggota Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Pos Eromaga bersama Masyarakat sedang mengecek instalasi air bersih

SUARA CIANJUR | PAPUA TENGAH - Untuk mengatasi krisis air bersih yang melanda masyarakat Kampung Eromaga dampak dari debit air yang rendah, Pos TNI Eromaga- Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi buatkan instalasi saluran air bersih untuk warga masyarakat Kampung Eromaga Distrik Omukia Kabupaten Puncak Papua tengah.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga, S.I.P dalam rilis tertulisnya di Ilaga, Kabupaten Puncak Papua tengah. Kamis, (07/12/2023).

Dijelaskan oleh Dansatgas, air bersih merupakan hal yang pokok bagi kelangsungan hidup masyarakat karena dapat digunakan untuk konsumsi sehari-hari 

"Seperti keperluan minum, memasak dan mandi, cuci, kakus," jelas Dansatgas.

Lebih lanjut Dansatgas mengungkapkan:

"Akibat dari kurangnya air bersih banyak warga masyarakat terpaksa mengkonsumsi air yang tidak layak," ungkap Dansatgas.

"Sehingga banyak yang mengeluhkan berbagai macam penyakit yang utamanya menyerang organ pencernaan seperti muntaber, diare dan gatal-gatal," beber Dansatgas.
Pembuatan instalasi air bersih ini dipimpin Danpos Eromaga Letda. Inf. Didin Wahyudin.

"Tekhnis nya menggunakan 600 meter selang dari sumber mata air yang terdapat di kaki gunung sekitar Pos Eromaga, dengan begitu air dapat ditarik mengalir melalui selang sehingga air dapat dimanfaatkan masyarakat," urai Dansatgas.

Terpisah' Mamah Yusmina (40 tahun) warga setempat menyampaikan ucapan terima kasih, karena sudah dibantu Satgas mempermudah mendapatkan akses air bersih dan masyarakat tidak harus berjalan jauh bolak balik hanya untuk mencari air bersih.

"Kegiatan pembuatan saluran air bersih ini merupakan implementasi dari perintah Pangdam III/Siliwangi Mayjen. TNI. Erwin Djatniko, yaitu; 'Prajurit Siliwangi dimanapun bertugas harus peka dan mampu menjadi solusi dari kesulitan rakyat serta kehadiran TNI yang berada di sekitar masyarakat terasa manfaatnya," papar Dansatgas menjelaskan perintah dari Pangdam III/Siliwangi.

Selanjutnya' Dansatgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi berharap dengan dibuatkannya saluran air bersih oleh Pos Eromaga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga masyarakat Kampung Eromaga untuk kehidupan sehari-hari serta meningkatkan kesadaran sanitasi yang baik untuk kesehatan.

(HN)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Bangun Instalasi Air Bersih Untuk Warga Eromaga Papua

Trending Now

Iklan