Papua: Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Bantu Realisasikan Bakar Batu Lamaran Pernikahan

suaracianjur.com
Januari 11, 2024 | 14:14 WIB Last Updated 2024-01-11T07:20:34Z
Foto: Dok. SC. Nampak dalam photo Masyarakat bersama TNI gotong royong di acara bakar batu lamaran pernikahan

SUARA CIANJUR | PAPUA - Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi melalui Pos Raider 300 Wuloni turut membantu terselenggaranya tradisi bakar batu dalam rangka lamaran nikah di Kampung Tuanggi, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Acara tradisi bakar batu ini merupakan salah satu adat istiadat masyarakat Papua dilakukan turun temurun untuk merayakan pernikahan. Salah satunya di moment pernikahan Lenius dengan Mince, calon pasutri warga Kampung Tuanggi. Kamis, (11/1/2024).

Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi yang dipimpin oleh Kapten Inf. Mazwardi, Danpos Wuloni, ikut serta membantu menyiapkan bahan-bahan dan proses bakar batu, serta memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga S.I.P dalam rilis tertulisnya di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Kamis, (11/1/2024). 

Dalam rilis tertulis Dansatgas. Kapten Inf. Mazwardi mengatakan; "Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan penghargaan Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi terhadap tradisi serta budaya masyarakat Papua," ujarnya.

"Kami ingin menunjukkan bahwa TNI tidak hanya bertugas untuk menjaga keamanan dan kedaulatan negara, tetapi juga untuk membantu dan berbaur dengan rakyat, khususnya di Papua," tambahnya.

Ia juga berharap, dengan adanya kegiatan ini, hubungan antara TNI dan rakyat Papua semakin harmonis dan solid. 
Foto: Dok. SC. Suasana tradisi bakar batu lamaran pernikahan

"Kami berharap, dengan kehadiran Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya di sini, masyarakat merasa terbantu dan nyaman," jelasnya.

Lanjutnya; "Kami juga mengucapkan selamat kepada Lenius dan Mince, semoga pernikahan mereka langgeng dan bahagia," harapnya dalam do'a.

Sementara itu, Martinus Wakerwa, selaku kepala kampung Tuanggi, mengucapkan terima kasih kepada personil Satgas TNI 300 Siliwangi yang telah membantu dan menghadiri acara tradisi bakar batu. 

"Kami sangat senang dan bangga dengan kehadiran TNI di kampung kami," ucapnya.

"Mereka sangat ramah dan membantu kami dalam segala hal," imbuhnya.

"Kami berterima kasih atas partisipasi dan bantuan mereka dalam acara tradisi bakar batu ini," sambungnya.

Acara tradisi bakar batu berlangsung dengan aman dan tertib, serta diikuti oleh ratusan warga Kampung Tuanggi dan sekitarnya. 

Acara ini juga menjadi ajang jalinan silaturahmi untuk menambah keakraban antara TNI dan Rakyat Papua.

(HN)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Papua: Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Bantu Realisasikan Bakar Batu Lamaran Pernikahan

Trending Now

Iklan