PKJN- RSJMM Edukasi Stunting Serta Kesehatan Jiwa Kepada Ibu Hamil/Menyusui

suaracianjur.com
Januari 13, 2024 | 01:48 WIB Last Updated 2024-01-12T18:55:12Z
Foto: Dok. SC. Nampak dalam photo Tim Prognas Kesehatan sedang briefing

SUARA CIANJUR | BOGOR - Tim Profesional bidang Promosi Kesehatan Gizi dan Kebidanan dari Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), Instalasi Gizi dan Ruang Kebidanan Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi Bogor (PKJN-RSJMM), laksanakan giat pelayanan kesehatan.

Setelah segala persiapan dimatangkan, tim meluncur ke Puskesmas Sempur Bogor Tengah, guna memberikan pelayanan kesehatan langsung di posyandu, setelah dilokasi, tim bergabung dengan Petugas Puskesmas Sempur dan Para Kader di wilayahnya masing-masing, Jum'at,(12/01/2024).

PKJN-RSJMM membawa misi melaksanakan Program Nasional (Prognas) bersama Puskesmas Sempur, kemudian' membagi tim menjadi 3 kelompok, yang akan memberikan pelayanan di Posyandu Kenanga, Posyandu Melati dan Posyandu Sakura 2.

Sebanyak 50 Ibu beserta Balita, Ibu Hamil dan Para Kader di Posyandu Sakura 2 Kelurahan Tegal Lega Bogor Tengah, menjalani rutinitas pelayanan posyandu seperti biasanya.

Namun bedanya kali ini Tim PKJN-RSJMM ikut bergabung memberikan pelayanan di posyandu berupa edukasi pencegahan stunting dan kesehatan jiwa kepada ibu-ibu yang hadir. 

Antusiasme ibu-ibu mulai nampak ketika petugas PKJN-RSJMM. Nunung Nurusalma, SKM. RD. dan Ica Permatasari, AMd.Gz. Memberikan edukasi tentang stunting serta cara penanganannya yang bisa dilakukan ibu-ibu kepada keluarga di rumahnya masing-masing. 
Foto: Dok. SC. Tim Prognas Kesehatan dari PKJN- RSJMM sedang memberikan edukasi

Iyep Yudiana, SKM. MKM. Ikut serta memberikan tambahan edukasi tentang tips bagaimana menjaga kesehatan jiwa Ibu-ibu agar selain sehat fisiknya, juga tetap sehat jiwanya, kemudian dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab interaktif bersama ibu-ibu dan kader. 

Keseruan terus berlanjut tatkala ibu-ibu serta kader di edukasi melalui pendekatan bermain bersama agar sehat jiwa sekaligus melatih konsentrasi dengan permainan, tepuk sehat, tepuk gizi dan tepuk balita, hingga ibu-ibu dibuat tertawa terbahak karena edukasinya dijalankan tidak secara formal dan kaku.

Salah satu perwakilan ibu hamil/menyusui Ny. Nina mengucapkan terimakasih kepada tim.

"Terimakasih untuk penyuluhan stunting dan kesehatan jiwanya, melalui program ini membuat kami menjadi lebih paham menangani stunting beserta dampaknya," ujar Ny. Nina.

Hal senada disampaikan Sri Maryati Kader Posyandu Sakura 2.
Foto: Dok. SC. Usai kegiatan Tim bersama Kader Posyandu serta ibu- ibu berphoto bersama

"Kegiatan pelayanan kesehatan ini sangat berguna bagi kader, kedepan nya kami sebagai kader bisa menjelaskan terkait permasalahan stunting berikut segala dampaknya," ucap Sri Maryati.

Masih dilokasi yang sama, Petugas Nakes Puskesmas Sempur Ibu Ai ikut angkat bicara.

"Terimakasih atas edukasi stunting dan kesehatan jiwa yang paparkan tim, sehingga menambah pengetahuan kami," sambung Ibu Ai singkat.

Berbanding lurus dengan ucapan rekan kerjanya, Fitriani, AMd. Kes. Petugas Puskesmas Sempur menambahkan.

"Kegiatan Prognas kali ini selain diisi edukasi penanganan stunting serta kesehatan jiwa ibu hamil menyusui juga diwarnai pemberian hadiah berupa tupperware, tempat makan promosi kesehatan, dengan tagar isi piringku," jelas Fitri.

Lanjut Fitri; "Kegiatan dilanjutkan dengan dokumentasi photo dan video bersama dengan mengucapkan yel-yel' stop stunting, sehat jiwa raga, pulih produktif dan mandiri." Tutup Fitri.

(Indrayama)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PKJN- RSJMM Edukasi Stunting Serta Kesehatan Jiwa Kepada Ibu Hamil/Menyusui

Trending Now

Iklan