Jajaran Polsek Pacet 100% Siap Antisipasi Lonjakan Arus Mudik serta Gangguan Kamtibmas

suaracianjur.com
April 02, 2024 | 21:46 WIB Last Updated 2024-04-02T14:54:07Z
Foto; Dok. SC. Pospam ketupat lodaya Polsek Pacet Idul Fitri 1445 Hijriah sebelah cianjur plaza cipanas

SUARA CIANJUR | CIPANAS - Kepolisian Sektor Pacet Polres Cianjur 100% telah siap amankan tradisi mudik tahunan dihari raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah di wilayah hukumnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik serta gangguan Kamtibmas, Polsek Pacet sudah membangun beberapa Pospam mudik lebaran di beberapa titik yang dianggap rawan dan padat arus lalulintas. Selasa, (2/4/2024).

Hal itu dilakukan Jajaran Polsek Pacet dalam rangka untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Ditemui diruang Kerjanya, Kapolsek Pacet Kompol. Hima Rawalasi Pratama, SE.MM. Menjelaskan:

"Operasi ketupat tahun ini, kami sudah membangun pospam di jalur yang akan dilalui oleh para pemudik, selain itu kami juga sudah mempersiapkan beberapa personel ditempat yang dianggap rawan gangguan Kamtibmas," jelas Kapolsek.

"Kemudian pos pelayanan ditempat wisata ada 3, pertama ada di segar alam puncak pass, yang ke dua berada di Cipanas plaza, ciplaz dan yang ketiga ada di depan pegadaian Pacet," imbuhnya.

Sambung Kapolsek Pacet, selanjutnya ada posyan di kota bunga, posyan sevillage dan posyan kebun raya cibodas, untuk pelayanan dan pengaman di tempat wisata.

"Pospam itu fungsinya adalah untuk pengamanan di jalur lalu lintas, saat ini semua pospam sudah berdiri siap beroperasi," beber Kapolsek.
Foto: Dok. SC. Kapolsek Pacet Kompol. Hima Rawalasi Pratama, SE.MM

"Tadi pagi Kapolda beserta Kapolres dan jajaran melakukan cek jalur-pospam, dan Alhamdulillah sudah tidak ada temuan karena menurut Kapolda maupun Kapolres pospam yang di wilayah Polsek Cipanas atau Pacet itu sudah siap semua," ungkapnya.

Lanjut Kapolsek Pacet; "Besok kita akan melaksanakan upacara pergeseran pasukan di Polres dan terhitung mulai besok juga setelah saya pas kita langsung insert ke pospam dan posyan untuk mengamankan kegiatan operasi ketupat tahun 2024," tegasnya.

"Kami memiliki 25 personel setiap harinya, sepertiga personel langsung diterjunkan ke lapangan, sisanya standby di Mapolsek Pacet," urainya.

Sa'at awak media mempertanyakan daerah rawan karena kurangnya penerangan jalan umum seperti lembah koi dan jembatan Cikundul.

"Hal itu sudah kami sampaikan, tapi masalah pengadaan PJU itu bukan ranah dari kepolisian, kami hanya memberitahu situasinya serta melakukan patroli pengamanan," tandasnya.

Terakhir Kapolsek Pacet menghimbau kepada para pemudik dan pengguna jalan agar selalu berhati-hati dan waspada.
 
"Sebelum melakukan mudik persiapkan fisik, baik itu fisik kesehatan maupun fisik kendaraan, utamakan keselamatan, jangan dipaksakan ketika lelah atau mengantuk, jika lelah atau mengantuk silahkan istirahat di pospam dan posyan yang kami sediakan," himbaunya.

"Kami tekankan cek dulu kondisi kendaraan, pastikan kendaraan anda baik roda 2 maupun roda 4 sebelum berangkat keseluruhan nya dalam keadaan prima, agar terhindar dari hal yang tidak kita inginkan dan selamat sampai tempat tujuan," tutupnya.

(Indrayama)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jajaran Polsek Pacet 100% Siap Antisipasi Lonjakan Arus Mudik serta Gangguan Kamtibmas

Trending Now

Iklan