Protades selamatkan Arsip Tanah Desa Sabandar dari kerusakan Buku letter C

suaracianjur.com
Mei 20, 2024 | 13:29 WIB Last Updated 2024-05-20T06:35:46Z
Foto: Dok. Suara Cianjur. Nampak Kepala Desa Sabandar Dedi Saepudin, S.H. bersama Direktur Agraria Institute D Firman K sedang memegang buku letter C desa sabandar 

SUARA CIANJUR | KARANGTENGAH - Protades Indonesia Adalah sebuah software aplikasi berbasis web yang digunakan untuk restorasi digital arsip pemerintah desa bidang pertanahan khususnya Buku Letter C. 

Fungsi Aplikasi ini adalah untuk pencatatan riwayat, berfungsi sebagai sistem pencatatan riwayat tanah terpadu sehingga administrasi pertanahan desa akan jauh lebih rapi dan tertib.

Selain itu protades Indonesia berfungsi untuk penyelamatan arsip tanah desa khususnya buku letter c dari kerusakan, bencana alam, kehilangan dan penyalahgunaan.

Protades Indonesia sejalan dengan program pertanahan nasional, dengan sistem digital bisa mempercepat dan mempermudah program PTSL dalam hal pemberkasan dan penulusuran riwayat tanah sehingga lebih efisien.

Atas dasar keamanan dan keefisienan tersebut, Kades Sabandar Dedi Saepudin, S.H. tertarik dan berencana menggunakan aplikasi Protades untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat dan pengamanan buku letter C desa.

"Kami tertarik dengan protades terdorong dari rasa tanggung jawab untuk menjaga arsip tanah desa sabandar dari kerusakan buku letter C, " ujar Dedi.

"Kalau buku letter C rusak atau hilang otomatis ploting objek tanah pun akan hilang," urainya.
Foto: Dok. SC. Sesi bincang-bicang bahas isu Pertanahan 

Ia juga menegaskan, untuk dasar itulah kami pemerintah desa sabandar tertarik dengan aplikasi yang smart ini.

"Selain itu pelayanan pertanahan kepada masyarakat pun semakin mudah, dengan satu klikan apa yang diminta masyarakat bisa dengan mudah kami berikan," pungkasnya.

Terpisah, hal senada disampaikan Direktur Agraria Institute D Firman K, Ia mengakui keefektifan aplikasi Protades dalam menganalisa permasalahan tanah.

"Kami dari lembaga Agraria Institute sangat mendukung langkah yang diambil kepala desa sabandar, dengan memasang Protades berarti telah menyelamatkan pertanahan desa sabandar dari kemungkinan kerusakan dan hilangnya buku letter C desa," tuturnya.

Lanjut Firman; "Karena segala kemungkinan bisa terjadi, seperti kebakaran, bencana alam dan lain-lain, dengan protades arsip tanah desa bisa tersimpan aman," imbuhnya.

Tegas Firman, bahwa dengan adanya aplikasi protades ini akan tercipta data fisik dan data yuridis yang berkesesuaian, sesuai dengan tugas pemerintah desa dalam adminiatrasi pertanahan, berdasarkan pasal 10 ayat 1 pp 24 tahun 1997 tentang pendaftaran tanah.

(Arkam)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Protades selamatkan Arsip Tanah Desa Sabandar dari kerusakan Buku letter C

Trending Now

Iklan