KPU Kenalkan Sukaci dan Suraci Maskot Pilkada 2024 Kabupaten Cianjur

suaracianjur.com
Juni 02, 2024 | 23:11 WIB Last Updated 2024-06-02T16:24:27Z
Foto: Dok. Suara Cianjur (Anwar/Bet) photo bersama di kegiatan peluncuran Sukaci dan Suraci.

SUARA CIANJUR | CIANJUR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur menggelar peluncuran tahapan Pilkada 2024 dilapang Prawatasari Joglo dengan memperkenalkan Ayam Pelung Sukaci dan Suraci yang menjadi Maskot Pilkada Kabupaten Cianjur 2024.

Dikutip dari Antara, Ketua KPU Kabupaten Cianjur Muchamad Ridwan menjelaskan bahwa Hayam Pelung memiliki filosofi memanggil dengan suaranya yang khas dan panjang plus tagline Pilkada Cianjur 2024 Ceria sehingga masyarakat saat menyalurkan aspirasinya dengan riang gembira.

"Kami juga mengenalkan dua maskot KPU Cianjur Hayam Pelung bernama Sukaci dan Suraci, yang terpilih dari hasil pertimbangan saat sayembara sebagai simbol official KPU pada tahapan sosialisasi kali ini," katanya.

Sukaci kepanjangan dari Suara Pilkada Cianjur dan Suraci kepanjangan dari Suara Rakyat Cianjur. Terpilihnya kedua maskot tersebut setelah menjalani penjurian oleh akademikus, seniman, budayawan, dan seni rupa dari 15 peserta yang terpilih.

Tidak hanya itu, saat acara peluncuran tahapan Pilkada Cianjur 2024 di Lapang Prawatasari yang dihadiri forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) pengurus partai politik pemenang Pemilu 2024, dan tamu undangan lainnya, dikenalkan juga jingle berjudul Teman Pemilih Akur Sauyunan.

"Jingle tersebut bertujuan untuk menciptakan momen persaudaraan dan kebersamaan saat Pilkada Cianjur 2024. Seluruh lapisan masyarakat harus akur dan bersaudara bersama-sama," katanya.

Untuk memeriahkan kegiatan peluncuran tahapan Pilkada 2024, pihaknya menghadirkan grup band asal Ibu Kota Kerispatih dan sejumlah artis lokal Cianjur untuk menghibur masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Masih dilokasi yang sama, Koordinator Divisi Informasi dan Humas KPU Kabupaten Cianjur Fikri Audah, N.Sy. Mengatakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat maka diadakan kegiatan bersifat meriah dan kolosal.

"Terkait partisipasi pemilu kemarin ada diangka 72%, untuk pilkada tahun 2020 ada diangka 68%, Pilkada 2024 kita menargetkan ada peningkatan 2% atau secara maksimal mengharapkan 75%," harapnya kepada Suara Cianjur. Minggu, (2/6/2024).
Foto: Dok. (Anwar/Bet) Photo bersama kegiatan tahapan pilkada kabupaten cianjur sekaligus peluncuran Maskot Pilkada.

Ia juga mengatakan, untuk meningkatkan partisipasi pertama mengadakan kegiatan yang sifatnya meriah dan kolosal seperti ini, kemudian sosialisasi dititik yang kemarin partisipasinya kurang.

"Sosialisasinya berdasarkan profesi, titik terujung, berdasarkan gender dan kelompok masyarakat, mudah- mudahan dengan strategi yang kita bangun bisa meningkatkan partisipasi di Kabupaten Cianjur," jelasnya.

Lanjut Fikri; "Tahapan pilkada itu sesuai dengan PKPU No 2 tahun 2024 diawali dengan tahapan perencanaan penganggaran berakhir di 26 Januari, sampai sekarang sudah masuk tahapan pilkada," ucapnya.

Ia juga menyinggung soal maskot pilkada cianjur tahun 2024, maskot ini hasil karya anak cianjur, hasil sayembara.

"Kemudian yang terpilih adalah maskot yang bertemakan ayam pelung, dinamai Sukaci dan Suraci, merupakan ciri khas cianjur," tuturnya.

Selanjutnya Ia menjelaskan besaran anggaran peluncuran Maskot Pilkada Kabupaten Cianjur; "Untuk peluncuran ada diangka 250 hingga 280juta, ini termasuk rekrutmen talent, artis nasional, artis lokal termasuk untuk pemenang sayembara serta kegiatan teknis lain nya," beber Fikri.

(Anwar/Bet)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPU Kenalkan Sukaci dan Suraci Maskot Pilkada 2024 Kabupaten Cianjur

Trending Now

Iklan