Mekarwangi: DPMD Provinsi Jawa Barat Bentuk Tim Patriot Desa, Kembangkan Sumber Daya Alam Serta Sumber Daya Manusia

suaracianjur.com
Mei 16, 2023 | 20:10 WIB Last Updated 2023-05-16T13:14:43Z
Suaracianjur.com | Cianjur - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPMD Jawa Barat membentuk tim Patriot Desa, tujuannya untuk mengembangkan potensi sumber daya alam serta sumber daya manusia.

Sesuai dengan semangat Pemerintah Pusat dalam Program Peningkatan Ekonomi Nasional (PEN), maka Desa- Desa di seluruh Indonesia, Jawa Barat, khususnya Kabupaten Cianjur di tempatkan Pemuda Pemudi Patriot Desa yang memenuhi kriteria untuk menggali potensi lokal.

Kehadiran Patriot Desa bertujuan melakukan pendampingan, pelatihan kepada Warga Desa agar terampil dalam menggali potensi lokal, sehingga di kemudian hari muncul generasi- generasi yang visioner untuk memajukan desanya masing- masing.

Sekdis DPMD Kabupaten Cianjur (Asep Kusmanawijaya) saat di konfirmasi tentang program tersebut kepada Suaracianjur.com menuturkan.

" Betul Program Patriot Desa di inisiasi DPMD Provinsi Jawa Barat melalui Program kerja Gubernur (Ridwan Kamil), tujuannya untuk menggali potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, harapannya Desa menjadi tumpuan Warganya, Desa yang kuat adalah Desa yang mandiri, warganya mampu menciptakan peluang penghasilan dengan menggali, memanfaatkan segala potensi yang tersedia. " Pungkasnya

Senada dengan penuturan Sekdis DPMD Cianjur, Sekretaris Desa Mekarwangi (Dindin) menuturkan: " Dengan hadirnya Patriot Desa di Desa Kami tentu sangat membantu dan tentunya akan berdampak positif terhadap kami, terutama warga Desa, karena kehadiran mereka membawa perubahan positif, mereka mengajarkan kami bagaimana cara menggali potensi yang ada, selain itu mereka mengajarkan beberapa keterampilan mengemas sebuah produk UMKM agar nampak menarik, juga mengajarkan bahasa asing, terutama bahasa jepang, mengingat jepang dengan Pemerintah kita ada MOU G to G melalui program magang di sana." Tuturnya.

Hal yang sama di utarakan, Nuradi, Pemuda Patriot Desa yang di tempatkan DPMD Prov. Jabar di Desa Mekarwangi Kec. Warungkondang Kab. Cianjur, kepada Media mengungkapkan.

" Kami sebagai Warga Negara juga sebagai Generasi Muda harapan Bangsa, tentu ingin berperan memberikan kontribusi untuk kemajuan negeri ini, ketika di tunjuk menjadi patriot Bangsa tentu ini menjadi moment yang bagus bisa memberikan kontribusi melalui pendampingan, pelatihan kepada warga desa untuk menggali potensi, harapan kita semua sama ingin menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainya. " Pungkas Nuradi. (Red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mekarwangi: DPMD Provinsi Jawa Barat Bentuk Tim Patriot Desa, Kembangkan Sumber Daya Alam Serta Sumber Daya Manusia

Trending Now

Iklan