Cianjur Petro Dollar Jabar, Petani tetap Miskin: "Begini Kata Kang Samad"

suaracianjur.com
Februari 05, 2024 | 19:12 WIB Last Updated 2024-02-05T12:26:07Z
Foto: Dokumentasi SC. Nampak dalam salah satu helaran besar (Kang Samad-tengah) tengah berbincang dengan pemandu acara

SUARA CIANJUR | CIANJUR - Anggota DPR RI  dari Partai Gerindra menyakini Jawa Barat Tetap menjadi idola Investor karena sumber daya Alam, Infrastruktur serta SDM cukup memadai sebagai Daya Dukung industri dan UMKM. 

Connectivitas transportasi Darat, udara dan laut mengalami kemajuan Pesat 10 tahun terakhir. Ujar Ketua Umum HIPKA ini Pada Acara "TONG HILAP" Kang Samad di Cianjur Jawa Barat. 

Kamrussamad yang akrab disapa Kang Samad menyadari masih ada sejumlah tantangan yang dihadapi antara lain sektor Pertanian.

"Ketersediaan Pupuk, Bibit unggul dan teknologi Pertanian. Sektor UMKM - perdagangan Optimalisasi Fungsi Pasar induk, sulitnya akses permodalan dan Perluasan akses Pemasaran," ujarnya.

Ia juga menuturkan, Cianjur memiliki tiga keunggulan dimensi Sumber daya alam, Pegunungan nan indah, Sumber daya perikanan laut, Lahan Perkebunan Pertanian subur merupakan Faktor kekuatan dalam mendorong Penciptaan lapangan kerja. 

"Sehingga Pengangguran dapat diatasi," sambung Kang samad Angota DPR Komisi XI. di Gedung Herlina Cianjur, Minggu (4/2/2024).

Dihadapan Relawan KAMRUSSAMAD Menegaskan; " Saya berkomitmen untuk mengatasi Pengangguran dan kemiskinan dengan mendorong Lahirnya Wirausaha muda di Cianjur," jelasnya.

Helaran "TONG HILAP Kang samad"  dihadiri sekitar 3.000  orang yang merupakan TIM Pemenangan - Relawan Prabowo Gibran- Kamrussamad. 

Pada kesempatan itu, Kang Samad juga mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum Serentak 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

"Pemilu merupakan momentum penting bagi rakyat untuk memperbaiki ekonomi keluarga dengan memilih Wakil Rakyat dan Pemimpin Nasional serta menentukan nasib bangsa dan daerah dengan berpartisipasi menggunakan hak suaranya di (TPS)Tempat Pemungutan Suara," ujar Kang Samad.

Lanjut Kang Samad; "Pemilu adalah hak konstitusional kita sebagai warga negara. Kita harus menggunakan hak pilih kita dengan bijak dan cerdas, agar kita bisa memilih pemimpin dan wakil rakyat yang berkualitas, jujur, dan amanah,” paparnya.

Peduli UMKM

Kang Samad mengatakan, peduli dengan perkembangan UMKM di Cianjur. Menurut dia, UMKM merupakan pilar penting pembangunan ekonomi di Cianjur sehingga harus terus didorong agar dapat naik kelas, sehingga bisa memberikan kontribusi lebih besar bagi perekonomian, dan menyerap tenaga kerja lebih banyak.

Kemudian secara rinci Kang Samad menguraikan; "Sebagai informasi, secara nasional sektor UMKM memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61%, atau senilai dengan Rp9.580 triliun, bahkan kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai sebesar 97% dari total tenaga kerja. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia memiliki 65,5 juta UMKM yang jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha," urainya.

Terakhir Kang Samad menegaskan; "Jadi fokus kita kedepan harus penciptaan lapangan kerja dan penguatan UMKM, kemudahan akses pembiayaan, akses pemasaran, digitalisasi, dan upgrading kualitas produk sehingga kompetitif di pasar," ucapnya.

"Dengan upaya tersebut, Kami optimistis UMKM di Cianjur dapat dipacu untuk bangkit sampai bisa "go global" di masa mendatang," harap Kang Samad.

(Red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cianjur Petro Dollar Jabar, Petani tetap Miskin: "Begini Kata Kang Samad"

Trending Now

Iklan