Viral Lumba-lumba Terjebak di Muara Pantai Selatan Cianjur

suaracianjur.com
Mei 26, 2024 | 22:40 WIB Last Updated 2024-05-26T15:43:39Z
Foto: Tangkapan layar video warga mengevakuasi lumba-lumba yang terjebak. (Foto: Istimewa)

SUARA CIANJUR | CIDAUN - Warga pesisir pantai Cianjur dihebohkan dengan kemunculan lumba-lumba yang terjebak di tepi muara Pantai Ciwidig, Desa Kertajati, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. Beruntung, dengan sigap warga segera mengevakuasinya sehingga bisa selamat dan kembali ke habitatnya di laut.

Dalam video berdurasi 1:17 menit yang beredar di media sosial itu terlihat warga menemukan ikan berukuran besar di tepi muara, terjebak di antara tumbuhan air dan sampah. Minggu, (26/5/2024).

Setelah didekati, ternyata itu merupakan lumba-lumba dengan panjang sekitar 1 meter. Salah seorang warga pun langsung turun ke muara dan mengangkut mamalia laut tersebut.

Camat Cidaun Slamet Riyadi mengatakan penemuan lumba-lumba yang terjebak di muara tersebut terjadi pada Sabtu (25/5/2024) sore sekitar pukul 16.30 WIB.

"Betul ada penemuan lumba-lumba di muara Pantai Ciwidig. Kejadiannya kemarin sore," kata Slamet saat dihubungi detikJabar, Minggu (26/5/2024).

Menurutnya, lumba-lumba tersebut ditemukan dalam keadaan sehat dan kembali berenang ke laut usai dievakuasi warga.

"Setelah ditemukan langsung dievakuasi, dikembalikan lagi ke laut. Setelah itu kembali berenang ke tengah laut," ucap Slamet.

Slamet menyebut penemuan lumba-lumba di pesisir pantai Cianjur selatan menjadi hal yang langka. Beberapa kali warga menemukan paus terdampar, namun untuk lumba-lumba merupakan kejadian pertama.

"Setahu saya yang pertama kejadian ada lumba-lumba terdampar. Tapi untuk penyebab terdampar dan terjebak di muara kami belum tahu, harus oleh ahlinya," jelas Slamet.

(Ark)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Viral Lumba-lumba Terjebak di Muara Pantai Selatan Cianjur

Trending Now

Iklan