Bakar Batu Jadi Rangkaian Acara Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024

suaracianjur.com
Januari 02, 2024 | 20:43 WIB Last Updated 2024-01-02T13:49:08Z
Foto: Dok. SC. Nampak Masyarakat dan Satgas sedang menyiapkan bahan makanan di acara bakar batu

SUARA CIANJUR | PAPUA- Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi bersama masyarakat Dambet Distrik Beoga Kabupaten Puncak, Papua, menggelar acara bakar batu yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan Natal dan menyambut tahun baru 2024. 

Acara bakar batu merupakan tradisi khas Papua yang dilakukan untuk merayakan hari-hari besar atau acara-acara penting. 

Prosesnya melibatkan penyiapan bahan-bahan makanan, penataan batu-batu besar di atas api, dan penutupan dengan daun-daun untuk memasak makanan dengan panas batu. 

Acara ini membutuhkan kerjasama dan kekompakan dari semua peserta. Hadir dalam acara tersebut, tokoh Adat, tokoh Agama dan Danpos Dambet Letda. inf. Sukron beserta Jajaran nya.

Dalam acara bakar batu, Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi menyediakan berbagai macam makanan, seperti ayam,  sayur-sayuran, Indomie, Kopi Gula dan buah-buahan. 
Foto: Dok. SC. Satgas dan Masyarakat Dambet mempersiapkan kayu bakar

Satgas juga membantu masyarakat dalam menyiapkan dan menata batu-batu, serta menutupi makanan dengan daun-daun. Selain itu Satgas berusaha menghibur masyarakat dengan menyanyikan lagu-lagu Natal dan lagu daerah Papua.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga, S.I.P dalam rilis tertulisnya di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Selasa, (2/1-2024). 

"Acara ini adalah bentuk kepedulian dan kebersamaan antara TNI dan masyarakat," ujar Dansatgas. 

Dansatgas berharap acara ini dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan persatuan di tengah-tengah perbedaan suku, agama, dan budaya.

"Kami mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru 2024 kepada seluruh masyarakat Papua, khususnya Masyarakat Dambet Distrik Beoga Kabupaten Puncak," ucap Dansatgas. 
Foto: Dok. SC. Prosesi bakar batu akan dimulai

Lanjut Dansatgas; "Kami berharap masyarakat dapat melaksanakan ibadah dan merayakan hari-hari besar ini dengan penuh kasih dan damai," harap Dansatgas.

Terakhir Dansatgas mengucapkan terimakasih; "Kami juga berterima kasih atas kerjasama dan dukungan masyarakat dalam menjaga kondusifitas dan keamanan di wilayah ini," ucap Dansatgas.

Masyarakat Dambet, Papua, menyambut baik acara bakar batu yang digelar oleh Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi. 

Mereka merasa senang dan bersyukur atas kehadiran dan bantuan Satgas. Mereka juga berdoa bersama untuk keselamatan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Acara bakar batu ini berlangsung dengan lancar dan penuh keakraban. 

Masyarakat dan Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi saling berbagi makanan dan cerita. 

Mereka juga menyampaikan harapan dan cita-cita mereka untuk tahun yang baru. 

Acara ini menjadi salah satu momen yang tak terlupakan bagi masyarakat Dambet, Papua, dan Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi.

(HN)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bakar Batu Jadi Rangkaian Acara Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024

Trending Now

Iklan