Warga Kritisi pembangunan Jalan Hanjawar-Pacet: "Perbaiki Juga Drainasenya"

suaracianjur.com
Mei 07, 2024 | 06:30 WIB Last Updated 2024-05-06T23:34:43Z
Foto: Dok. Suara cianjur. Pelaksanaan pembangunan jalan Hanjawar- Pacet 

SUARA CIANJUR | PACET - Dimusim penghujan jalan Hanjawar - Pacet gampang rusak, warga menganggap hal tersebut akibat saluran drainase yang buruk, sehingga mengakibatkan air hujan tumpah kejalan, warga berharap pihak terkait jangan hanya fokus memperbaiki jalan sedangkan drainase nya tidak diperhatikan.

Warga setempat berpendapat jika berulang kali jalan diperbaiki namun saluran airnya tidak ditata dengan baik akan berdampak pada kerusakan jalan. Senin, (6/5/2024).

Seperti yang disampaikan Malik (39) Warga Kp. Babakan Cikundul RT. 01/17 Desa Sukanagalih, Ia berpendapat jalan cepat rusak karena kualitas saluran air jalan yang buruk.

"Kalau lagi turun hujan, airnya melimpah ke jalan disebabkan saluran drainase jalan yang buruk diperparah diatas saluran dipakai tempat berjualan, sampahnya masuk drainase sehingga air hujan tumpah ke jalan, itulah yang menyebabkan jalan cepat rusak," ujar Malik.

"Kesadaran para pedagang akan pemeliharaan saluran air (drainase) harus ditingkatkan, minimal ada penertiban atau himbauan kepada mereka dari pihak terkait," ucapnya.

Ia juga berharap, kedepan nya dari berbagai pihak sama-sama memperhatikan saluran air, agar tumpahan air hujan tidak meluap ke jalan dan pemukiman warga, ini semua harus kami sampaikan demi kepentingan bersama.

Terpantau awak media Suara Cianjur dilokasi jalan hanjawar- pacet sedang ada pelaksanaan pengecoran jalan, pelaksanaan jalan ditangani oleh salah satu CV. Dengan nilai proyek sebesar Rp. Rp.198.917.340,21 anggarannya bersumber dari APBD.

"Terkait saluran drainase air yang dikeluhkan warga, itu kan nanti pihak terkait yang mengajukan ke pihak PUTR, Yang mengajukan mau masyarakat atau pemerintah setempat," jawab Yong pelaksana lapangan pembangunan jalan hanjawar- pacet menjawab keluhan warga.

Terpisah, senada dengan Malik, Ketua Karangtaruna Kp. Cikundul Odiq (37) tahun, terkait pembangunan jalan Hanjawar- Pacet itu langkah Pemerintah yang bagus untuk kepentingan masyarakat, namun harus barengi dengan perbaikan drainase.

"Perbaikan jalan untuk kepentingan masyarakat kami berikan apresiasi yang sangat tinggi, namun kami berharap kedepannya pihak PUTR selain memperbaiki jalan rusak analisa juga faktor penunjang lain nya, seperti perbaikan saluran drainase, agar jalan yang diperbaiki bisa awet tak tergerus luapan air," jelasnya.

"Kami berharap pihak-pihak terkait bisa menertibkan para pedagang yang berjualan diatas drainase, atur mereka tentang kesadaran menjaga lingkungan, terutama menjaga drainase agar saluran nya tidak tersumbat, karena sa'at hujan deras air tumpahan dari drainase membuat jalan seperti sungai," ungkapnya.

(Indrayama)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Kritisi pembangunan Jalan Hanjawar-Pacet: "Perbaiki Juga Drainasenya"

Trending Now

Iklan